Berita

Walikota Siantar Resmikan Peluncuran Kartu Co Branding-Taspen Smart Card untuk Pensiunan

SIANTAR, FaseBerita.ID – PT Taspen (Persero) dan Bank Mandiri Taspen (Mantap) Cabang Pematangsiantar resmi meluncurkan smart card/ kartu co branding untuk para pensiunan, Kamis (21/11/2019).

Peluncuran ditandai penyerahan kartu co-branding/ smart card secara simbolik kepada nasabah di kantor cabang Bank Mantap, Jalan Sutomo, Siantar Barat.

Kepala Cabang Bank Mantap David Pardomuan Nababan dalam sambutannya pada acara itu mengatakan bahwa peluncuran Taspen Smart Card/Kartu  Co Branding Bank Mantap ini bertujuan mempermudah para pensiunan dalam Pengambilan dana pensiun, serta kartu ini akan sangat menguntungkan bagi para pensiunan dikaranekan banyak merchan-merchan diskon menarik apabila pensiunan menggunakan kartu co branding ini nantinya .

Disebutkan, Bank Mantap adalah anak perusahaan dari dua BUMN besar, yakni Bank Mandiri dan PT Taspen (Persero). Hal itu kemudian membuat Bank Mantap dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pensiunan. “Dan kami dituntut harus menjadi bank dengan pelayanan terbaik kepada pensiunan atau the best pension bank in Indonesia,” tegasnya.

Menurut David, sejauh ini laba Bank Mantap mencapai Rp360 miliar. Aset Bank Mantap Siantar sendiri mencapai Rp466 miliar. Portofolio Bank Mandiri Taspen secara nasional sampai dengan bulan Oktober 2019 sudah membukukan aset sebesar Rp26 triliiun dengan porsi kredit sebesar Rp19,4 triliun, serta penghimpunan dana pihak ketiga sebesar Rp19,1 triliun.

Yang membanggakan juga, bahwa sampai dengan akhir Oktober 2019 Bank Mandiri Taspen masuk ke Jajaran Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) 3.

Disampaikan juga bahwa Penghimpunan dana pihak ketiga di Pematangsiantar tersebut didominasi oleh PT Inalum sebagai nasabah prioritas. Semua itu tentunya tak lepas dari dukungan semua pihak, pemerintah daerah, khususnya Pemko Siantar, karena nasabah bank itu merupakan para pensiunan dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Terima kasih juga kepada PT Taspen yang sudah memercayakan kartu Taspen smart card/ co branding Bank Mantap ini. Nantinya,Taspen smart card ini bisa dipakai para pensiunan sebagai kartu ATM, debit dan itu akan terus berkembang.”

Bahkan, menurutnya, kedepan Taspen smart card ini bakal bisa menjadi standby loan, yakni komitmen pinjaman dengan mekanisme tersendiri pada suatu kondisi di masa depan. Standby loan bermanfaat sebagai cadangan dana sewaktu-waktu hal yang tidak diinginkan terjadi. “Misalnya para pensiunan sedang ke luar negeri dan tiba-tiba butuh dana, saat itu Taspen smart card ini bisa digunakan,” tukasnya.

Di akhir sambutannya, David berharap agar pihaknya bisa diberikan masukan agar mereka bisa melayani lebih baik lagi kepada ASN dan pensiunan.

Sementara Kepala Cabang PT Taspen (Persero) Pematangsiantar, Noviardi dalam sambutannya mengatakan bahwa Taspen smart card/ Kartu Co-Branding itu merupakan wujud inovasi kepada ASN dan pensiunan. Tujuannya untuk mengurangi nasabah bekunjung ke bank, apalagi bagi yang kediamannya berjarak jauh dari bank.

“Nantinya para pensiunan akan dipermudah. Dalam hitungan detik, dana pensiun bisa masuk ke rekening. Jadi datang ke bank hanya untuk konfirmasi atau ada hal-hal penting lainnya. Tidak perlu lagi antre mengambil dana pensiun,” katanya.

Disebutkan, Bank Mantap didirikan PT Taspen (Persero) bersama dengan Bank Mandiri untuk memberikan Pelayanan yang fokus kepada para pensiunan.

“Sebenarnya peluncuran Taspen smart card/ Kartu Co Branding ini juga akan dilakukan bersama-sama dengan pihak kantor bayar lainnya, namun sejauh ini Bank Mantap-lah yang paling siap, makanya kita luncurkan di sini dulu.”

Sedangkan Walikota Pematangsiantar Hefriansyah pada kesempatan itu mengucapkan selamat atas peluncuran Taspen Smart Card Co Branding Bank Mantap tersebut. Ia berharap PT Taspen dan Bank Mantap bisa lebih memberikan layanan keuangan yang lebih memudahkan dan menguntungkan para pensiunan.

“Apalagi kita ketahui bersama, para pensiunan ini merupakan abdi negara yang sudah mendedikasikan hidup kepada negara. Terkadang kita tidak tega melihat mereka mengantre saat mengambil dana pensiun. Dan smart card ini diharapkan menjadi solusi,” ujarnya.

Ia juga berharap program-program baik dari PT Taspen dan Bank Mantap segera disosialisasikan kepada para ASN melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD). “Perlulah sosialisasi, sampaikan program-program menjanjikan, bahkan yang menggiurkan kepada ASN. Sehingga nantinya bisa menginvestasikan dana di Bank Mantap,” tukas Hefriansyah.

Sebelumnya acara dibuka dengan doa bersama yang dibawakan oleh karyawan Bank Mantap Naufal Siregar. Kemudian penyerahan secara simbolis Taspen Smart Card Co Branding Bank Mantap kepada tiga perwakilan nasabah dan pensiunan, masing-masing Patuan Philips Panjaitan, Raya Ginting dan Eko Harianto. Di akhir acara, dilakukan penyerahan plakat Taspen dari Kepala Cabang PT Taspen Pematangsiantar Noviardi kepada Walikota Hefriansyah. (hez)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close