Berita

Walikota Komitmen Wujudkan Pelayanan Air Bersih di Tanjungbalai

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID – Pemko Tanjungbalai terus melakukan pembenahan di berbagai sector kebutuhan masyarakat, salah satunya pelayanan air bersih.

Hal ini diwujudkan saat Walikota Tanjungbalai HM Syahrial, didampingi Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut Syafriel Tansier dan jajaran Forkopimda Kota Tanjungbalai, meresmikan pemancangan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) kapasitas 50 liter per detik Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) IKK Datuk Bandar, Tanjungbalai, untuk memenuhi kebutuhan air bersih di kawasan Kecamatan Datuk Bandar yang terdiri dari 5 kelurahan.

Ini menjadi bukti keseriusan Pemko Tanjungbalai melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kualo untuk mewujudkan pelayanan air bersih yang memadai dan tercukupi, bagi masyarakat Kota Tanjungbalai. Pembangunan ini dimulai dengan pemasangan tiang pancang pertama disaksikan Walikota Tanjungbalai HM Syahrial di Jalan Benteng (Pantai Olang), Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, Tanjungbalai, Senin (24/6//2019).

“Pembangunan IPA 50 liter per detik SPAM IKK Datuk Bandar ini, terlaksana berkat usulan program Pemko Tanjungbalai,” ujar Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut Syafriel Tansier.

Diperkirakan penyelesaian Ppembangunannya bulan November 2019 mendatang. Output dari pembangunan sarana dan prasarana air minum ini bukan hanya liter per detik, melainkan diwujudkan dengan menambah jumlah sambungan ke rumah sesuai kapasitas terpasang, sehingga akan dapat menyentuh langsung ke masyarakat.

Pembangunan IPA 50 liter per detik di Kota Tanjungbalai ini akan didanai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Cipta Karya, melalui Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II pada Balai Prasarana Wilayah Sumut.

“Terkait dengan pembangunan ini, kami berharap kerjasama dan dukungan Pemko Tanjungbalai bersama seluruh jajaran dalam pemasangan jaringan pipa distribusi tersier dan sambungan rumah, sehingga pemamfaatan dari pembangunan IPA 50 liter per detik ini dapat dirasakan oleh masyarakat,” papar Syafriel Tansier.

Sementara, Walikota Tanjungbalai H.M Syahrial mengatakan, selama ini kebutuhan air bersih di Kota Tanjungbalai melalui PDAM Tirta Kualo telah mengoperasikan lima unit WTP dan empat unit sumur bor dengan kapasitas produksi air 372 liter per detik, dengan capaian layanan kepada masyarakat yakni 67 persen.

“Diharapkan nantinya, setelah selesai pembangunan WTP VI yang saat ini kita lakukan pemancangan pertama pembangunannya, dapat meningkatkan pelayanan air bersih di Kota Tanjungbalai menjadi 75 persen,” sebut walikota.

“Hari ini adalah tahap awal pembangunan Intake dan IPA IKK Datuk Bandar. Dimana, pembangunan ini dilakukan untuk penambahan kapasitas 50 liter per detik, tentunya hal ini dapat menjawab kebutuhan air di wilayah Datuk Bandar,” jelasnya lagi.

Tidak hanya itu, Walikota Tanjungbalai juga menegaskan, pembangunan penambahan kapasitas distribusi air bersih di Kota Tanjungbalai akan terus diupayakan hingga 100 persen, mencakup seluruh wilayah di Kota Tanjungbalai, sehingga secara keseluruhan kebutuhan air bersih di Kota Tanjungbalai bisa terpenuhi. Mengingat saat ini penyediaan air bersih di Kota Tanjungbalai yang dilayani PDAM Tirta Kualo dengan kapasitas existing 255 liter per detik.

Kegiatan pemancangan di kawasan Intake IKK Datuk Bandar ini merupakan kegiatan pembangunan penambahan kapasitas dari instalasi pengelolaan air bersih, untuk memenuhi kebutuhan air bersih di kawasan Datuk Bandar yang memiliki luas 22,49 Km2 dengan penduduk kurang lebih 37.000 jiwa.

Pembangunan IPA kapasitas 50 liter perdetik IKK Datuk Bandar berbiaya Rp13.733.758.000 bersumber dari APBN 2019, dan dikerjakan oleh kontraktor PT Monhas Andesrabat.

Pemancangan pembangunan IPA ini ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Walikota Tanjungbalai bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut dan para Forkopimda Tanjungbalai, Dirut PDAM Tirta Kualo, dan dilanjutkan peninjauan lokasi. (ck-02/ahu)

Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close