Berita

Walikota Belum Mengeluarkan SK Panitia Seleksi PD

SIANTAR, FaseBerita.ID  – Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah tak kunjung mengeluarkan Surat Keputusan pengangkatan panitia seleksi Badan Pengawas untuk tiga Perusahaan Daerah. Hal ini dibenarkan Kepala Bagian Perekonomian, Kodir Siregar, Selasa (5/3).

Alasan tidak mengeluarkan SK belum diketahui. Namun Kodir Siregar mengakui bahwa rencana pembukaan pendaftaran seleksi Badan Pengawas PD sudah pernah dilakukan. Sejauh ini dirinya tinggal menunggu respon Walikota.

Adapun saat ini pejabat Badan Pengawas di PDAM Tirtauli sudah kosong, di PD Pembangunan Aneka Usaha Daerah  (PAUS) tinggal satu orang yaitu Junaidi Sitanggang selaku ASN, karena Heri Okta yang juga menjabat sebagai Kabag Hukum telah mengundurkan diri.

Kemudian di PD Pasar Horas Jaya (PHJ), pejabat Badan Pengawas tinggal Budi Utari, pasca lolosnya Imran Simanjuntak dan Toga Sihite menjadi Direksi. Atas kondisi pejabat badan pengawas tersebut sudah sempat direncanakan akan dilakukan penerima pendaftaran, Februari 2019.

Ketika hal ini ditanyakan kepada Sekretaris Daerah Pemko Pematangsiantar, Budi Utari, enggan memberikan jawaban. Ia justru menyarankan terkait badan pengawas PD ditanyakan langsung kepada Kabag Perekonomian. “Langsung saja kepada Kabag Perekonomian” ucapnya.

Sementara Kabag Umum Soleh mengatakan, saat ini sedang dibahas rencana penerimaan pendaftaran. Kendalanya ada pada anggaran. “Ini sedang dibahas karena di PDAM Tirtauli ada anggaran (seleksi) sementara di PD PHJ dan PD PAUS tidak ada anggaran” jawabnya.

Apa yang dilakukan Walikota dinilai telah menabrak ketentuan. Di mana dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 37 Tahun 2018 tentang BUMD dijelaskan bahwa 6 bulan paling lambat sebelum masa jabatan jajaran badan pengawas berakhir maka Walikota sudah melaksanakan penerimaan pendaftaran.

“Bagaimana Walikota bisa jadi panutan pelaksanaan aturan sementara kerap tidak taat terhadap aturan. Inilah salah satu bentuk yang membuat pembangunan terhambat” kata Direktur Forum Transparansi Anggaran, Oktavianus Rumahorbo. (pam/pra)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button