Berita

Wakil Walikota Siantar Serahkan Klaim Otomatis Taspen Senilai Rp1,2 Miliar kepada ASN

Untuk Tunjangan Hari Tua dan Pensiun

SIANTAR, Fase Berita.ID – PT Taspen (Persero) Cabang Pematangsiantar dan Bank Mandiri Taspen menyerahkan Layanan Klaim Otomatis berupa Tabungan Hari Tua (THT) dan pensiun Aparatur Sipil Negara (ASN) senilai Rp1,2 miliar.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Wakil Walikota Togar Sitorus kepada 22 ASN Pemko Pematangsiantar yang memasuki masa purna bhakti terhitung tanggal 1 Desember 2019 di depan Balai Kota Siantar, Jumat (29/11) lalu.

Kepala Cabang PT Taspen Pematangsiantar Noviardi melalui Kabid Umum dan SDM Harry Saputra kepada media ini mengatakan bahwa THT dan pensiun yang diserahkan senilai Rp1.248.576.100 untuk 22 Aparatur Sipil Negara (ASN). Acara penyerahan dilakukan usai upacara peringatan HUT Korpri.

“Penyerahan THT dan pensiun itu merupakan Layanan Klaim Otomatis yang dilakukan PT Taspen (Persero) kepada seluruh ASN, sehingga para pegawai negeri yang akan memasuki batas usia pensiun tidak usah lagi repot-repot mengajukan klaim ke PT Taspen (Persero). ASN cukup hanya menunggu pada saat jatuh tempo usia pensiunnya dan uang Tabungan Hari Tua (THT) dan pensiun secara otomatis masuk pada rekening ASN yang mengalami BUP. Inilah wujud Pelayanan Terbaik Taspen,” ujar Harry.

Disebutkan, penyerahan dilakukan oleh Wakil Walikota Pematang Siantar Togar Sitorus didampingi Kepala Cabang PT  Taspen Noviardi, Kabid Umum dan SDM PT Taspen M Harry Saputra dan Kepala Cabang Bank Mandiri Taspen (Mantap) David Pardomuan Nababan kepada perwakilan ASN di lingkungan Pemko Pematang Siantar yang akan memasuki masa pensiun.

“Selanjutnya manfaat tabungan hari tua dan pensiun bisa diterima atau masuk ke rekening masing-masing pensiunan per tanggal 1 Desember 2019 secara otomatis.”

Tak hanya di Kota Pematangsiantar, penyerahan THT dan pensiun secara simbolis juga dilakukan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas).

Di puncak peringatan HUT Korpri, penyerahan dilakukan oleh Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor didampingi Kabid Layanan dan Manfaat PT Taspen Cabang Pematangsiantar, Indra Pratama Pasaribu.

“Kalau yang di Humbang Hasundutan, THT dan pensiun yang diserahkan secara simbolis sebesar Rp. 713.676.300 kepada 10 ASN yang akan memasuki masa pensiun pada tanggal 1 Desember 2019 ,” jelas Harry.

Seperti diketahui, PT Taspen (Persero) sebagai BUMN yang mengelola program jaminan sosial bagi ASN dan pejabat negara, berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaiknya dengan empat program perlindungan yang terdiri dari program Tabungan Hari Tua (THT), pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Dari segi layanan, Taspen telah memeroleh sertifikasi ISO 900:2015 untuk Layanan klaim langsung 1 jam dan Layanan klaim otomatis.

Selain itu, sesuai UU ASN No 5 Tahun 2014 dan PP No 49 Tahun 2018 Taspen juga memberikan perlindungan kepada pegawai non ASN dan PPPK yang bertugas pada Instansi pemerintah, Nilai Manfaat yang akan diterima oleh Pegawai Non ASN dan PPPK apabila mengalami Kejadian sama dengan Nilai Manfaat yang diterima oleh ASN apabila mengalami Kejadian, sangat besar.

Sehingga menurut PP No 49 Tahun 2018, secara sah telah menjadi Pengelola Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian Bagi Pegawai Non ASN, PPPK, dan Honorer, bukan hanya dikarenakan Nilai Manfaat yang lebih baik dan menguntungkan bagi Pegawai Non ASN, PPPK, dan Honorer apabila mengalami kejadian, tapi memang Peraturan Pemerintah yang sudah menegaskan seperti itu.

Ke depan PT Taspen akan terus melakukan inovasi layanan untuk kemudahan para pesertanya dan akan terus fokus untuk melayani ASN, pejabat negara dan non ASN pada instansi pemerintah.

Beberapa inovasi terbaru PT Taspen di antaranya, aplikasi Taspen Mobile 2.0, aplikasi otentikasi taspen dan program wirausaha pintar juga telah mendapatkan penghargaan dalam Top 45 Inovasi layanan publik Kementerian PAN RB.(rel/hez)

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close