Berita

Wakil Ketua DPRD Sibolga: Silahkan Ajukan Perubahan APBD 2020

FaseBerita.ID – Wakil Ketua DPRD Sibolga, Jamil Zeb Tumori menanggapi positif desakan dan dukungan sejumlah aktivis pemerhati pembangunan Sibolga-Tapteng terhadap pembangunan Rumah Sakit Umum DR FL Tobing Sibolga. “Kita juga harus menghargai dorongan aktivis LSM. Niatnya juga baik kok,” kata Jamil, Selasa (5/5).

Namun, Koordinator Komisi II dan III ini menjelaskan bahwa pengalihan anggaran yang dilakukan oleh Pemko Sibolga beberapa waktu lalu untuk pembangunan RSU tersebut dinilai melanggar regulasi. Dan ditegaskannya, hal tersebut tidak pernah dibahas oleh DPRD.

“Renja BLUD itu bukan untuk pembagunan rumah sakit. Tapi uang Rp10 miliar itu, untuk operasional, beli obat-obatan dan kebutuhan Rumah Sakit DR FL Tobing. Sementara, uang Rp17 miliar yang dipindahkan, melanggar regulasi dan tidak pernah dibahas komisi dan banggar. Jadi, bangaimana bisa dibangun,” ungkapnya.

Kemudian masih kata Jamil, penggunaan dua mata anggaran pada pembangunan RSU DR FL Tobing juga menyalahi dan berpotensi menjadi temuan aparat penegak hukum.

“Takkan mungkin suatu proyek diambil dari dua mata anggaran ULP, Kadis PU dan Direktur Rumah Sakit. Jangan menyiapkan masa depan di dalam jeruji besi, saya mengingatkan,” tegasnya.

Disamping itu kata Ketua DPD II Golkar Sibolga ini menjelaskan, saat ini Pemerintah sedang fokus untuk penanganan Covid-19. Artinya, untuk saat ini, menyelamatkan nyawa masyarakat lebih penting daripada pembangunan.

Meski demikian, Jamil tetap menyarankan agar Pemko Sibolga secepatkan menyampaikan Perubahan APBD 2020. Agar pembangunan rumah sakit dan kantor Satpol PP tersebut segera dibahas di DPRD.

“Tapi, itupun silahkan saja ajukan Perubahan APBD 2020, biar cepat kita bahas. Toh, semua punya niat baik untuk membangun dan menyelamatkan ekonomi masyarakat. Silahkan mengusulkan tapi tidak mencari pembenaran. Ini bukan negeri bar-bar yang penuh kedustaan. Tapi Sibolga Negeri Beradab,” tegas Jamil. (ts)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker