Berita

Wagner Damanik: Senandung Simalungun harus Jadi Kalender Tahunan

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Acara Senandung Simalungun, ajang pertemuan para artis dan seniman Simalungun dalam satu panggung, di gelar di Convention Hall Siantar Hotel, Sabtu (14/3/2020).

Acara yang merupakan kali ketiga ini sukses menarik perhatian penonton, karena mendapat suguhan yang menghibur serta sekaligus mengenal budaya seni khas Simalungun.

Bakal Calon Bupati Simalungun Maruli Wagner Damanik yang turut hadir, mengapresiasi kegiatan ini. Wagner berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan rutin dan menjadi agenda tahunan.

“Penonton benar-benar mendapat pengetahuan dan pembelajaran tentang seni dan budaya Simalungun. Lagu-lagu Simalungun langsung dinyanyikan penyanyi aslinya, ada tor-tor dan bahkan taur-taur. Ini benar-benar pertunjukkan yang mengedukasi,” kata Wagner Damanik.

Menurut Wagner, ke depan di Kabupaten Simalungun perlu banyak kegiatan-kegiatan yang mengangkat seni dan budaya Simalungun. Tujuan utamanya untuk melestarikan budaya seni, sekaligus menjadi ajang untuk saling bersilaturahmi. Jika dibuat dalam kalender tetap, maka akan otomatis menarik wisatawan dari luar daerah.

“Kita ucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan tentunya seluruh kru yang telah setiap menjaga dan melestarikan budaya Simalungun. Kita berharap ke depan, perhatian untuk para pegiat seni dan budaya lebih ditingkatkan oleh pemerintah, terutama dalam hal pengembangannya,” katanya.

Senandung Simalungun di Kota Siantar ini merupakan yang ketiga setelah sukses dilaksanakan di Pulau Samosir dan Kota Medan.

Dalam acara yang dipandu MC Anca Damanik ini, Lagu Sipukah Ni Huta menjadi lagu pembuka yang langsung dipimpin Komponis Agus Erdiaman Purba dan dinyanyikan Arlinda Damanik. Penonton berdiri dan bersama sama bernyanyi lagu ini, hingga menambah kemeriahan suasana.

Selanjutnya Arlinda melantunkan dua buah lagu yang salah satunya merupakan lagu sendiri berjudul Ulang Pala Sangsi . Tepuk tangan gemuruh dari penonton tidak terbendung usai lagu lagu dibawakan oleh Arlinda karena terpukau dengan keindahan suara serta keapikan dalam membawa lagu lagu .

Selanjutnya Maria Saragih membawakan lagu perdananya dengan judul Sirang Padan sekaligus sebagai penghormatan kepada legenda Seniman Simalungun Saruddin Saragih. Lagi lagi penonton terkesima dengan alunan suara Maria Saragih sekaligus mengobati kerinduan kepada Alm Saruddin Saragih .  Seakan dibawa sekilas ke masa lalu Maria Saragih mampu memukau penonton dengan tembang tembang yang dibawakannya termasuk diantaranya Batang Na Marrongga dan Lang Tampil ciptaan Lamser Girsang .

Acara diselingi Tor tor kreasi oleh Sihoda Home Dancer dengan beberapa kombinasi tari dengan lagu lagu Simalungun.

Para seniman dan artis Senandung Simalungun.

Salah seorang artis yang dinanti nantikan yakni Supra Purba Tambak tampil dengan lagu perdananya berjudul Ilah Hasiholan diiringi dengan tari yang semakin menambah kesakralan lagu tersebut. Tidak sedikit penonton yang secara spontanitas tampil ke depan untuk memberikan saweran karena terkesima dengan alunan suara khas dari Supra Purba Tambak.

Untuk tembang kedua penonton di ajak bergembira dengan lagu Botou botou sehingga suasana semakin ceria dan menyenangkan. Supra mengakhiri tembang ketiganya dengan judul lovely dengan mengajak audience bernyanyi bersama sama Taur taur dari sanggar Sihoda yang dibawakan oleh remaja pria Ivan Deo Damanik, remaja putri Jesica Saragih dan pemain seruling Riduan Purba menjadi salah satu klimaks dari acara Senandung Simalungun Siantar. Terlebih kepada penonton yang sudah berumur mengingatkan kehidupan di masa lalu.

Untuk breaking ice di acara ditampilkan bual pokkalan (standing comedy) yang dibawakan oleh Mardi Purba Dasuha . Penonton dibuat terpingkal pingkal termasuk diantaranya Anita Martha Hutagalung, yang akrab dipanggil ONI.

MC Anca Damanik akhirnya memanggil nama yang sudah tidak asing lagi di blantika musik Simalungun yakni Jhon Ellyaman Saragih. Tepuk tangan gemuruh dari penonton menjadikan suasana malam minggu di acara Senandung Simalungun semakin terasa nikmat . Jhon Ellyaman Saragih langsung membawakan lagu hitnya dengan judul Iluh I Bandara.

Sang idola melanjutkan tembang kedua dengan judul Kabar Kabar Angin. 6 lagu hit dinyanyikan, penonton pun ikut. Termasuk lagu berirama gembira rimbang pok . Jhon Ellyaman juga mengajak Wagner Damanik bernyanyi bersama dengan judul lagu Elvi. Kata Jhon Ellyaman,  kemanapun mengisi acara jika bertemu dengan Wagner Damanik pasti akan diajak duet.

Ketua Panitia Joan Berlin Damanik SSi MM didampingi seluruh panitia inti mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan kepada acara Senandung Simalungun dan pihaknya berencana mengadakan acara Senandung Simalungun International.

Maruli Damanik sebagai penanggung jawab acara juga menyampaikan rasa senangnya akan lagu lagu Simalungun . Sudah banyak konser konser besar yang dihadirinya termasuk Gun and Roses dan Rod Stewart, namun masih dikalahkan oleh dentuman nada Simalungun.

Maruli Damanik juga ingin membawa nama besar Simalungun lebih tinggi lagi dengan potensi yang dimilikinya . Tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan pengisi acara yang telah mensukseskan acara . Maruli mengaku hingga terlaksana acara panitia belum pernah sekalipun bertemu untuk rapat, namun luar biasa dengan semangat yang ada semua berjalan secara baik dan sesuai harapan .

Salah satu acara yang dinanti nantikan yakni manortor bersama. Hampir seisi ruangan manortor bersama terlebih setelah lagu Sitalasari dan deideng dikumandangkan.

Di penghujung acara panitia mengumumkan best dress malam itu yang di raih oleh salah seorang penonton yakni Joice boru Harefa. Juga penari pria terbaik yang di raih oleh Panner Damanik dan penari wanita terbaik Asnah Saragih.(rel/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button