Berita

Wagner Damanik Paparkan Visi Lengkap Bidang Pertanian Kepada Warga

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID– Meningkatkan daya saing pertanian petani di Kabupaten Simalungun, menjadi visi Calon Bupati Simalungun Wagner Damanik.

Hal tersebut disampaikan Wagner Damanik saat menyapa warga Nagori Manik Hataran Kecamatan Sidamanik, Rabu (14/10/2020).

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab tersebut, Wagner Damanik meminta kepada warga Kecamatan Sidamanik untuk bersama-sama mewujudkan perubahan untuk Simalungun yang lebih baik.

Dalam kesempatan itu, Wagner yang berpasangan dengan Abidinsyah Saragih pada Pilkada Simalungun 2020 ini menjelaskan, ada beberapa yang harus dibenahi agar daya saing pertanian Simalungun meningkat. Diantaranya; penata kelolaan pupuk bersubsidi, secara transparan dan tepat sasaran. Mendorong usaha pengolahan hasil pertanian, pasca panen. Pendampingan kelompok Tani dan dana bergilir, pengembangan jaringan pasar dan informasi pasar komoditi pertanan, meningkatkan produksi pertanian melalui penerapan teknologi dan inovasi pertanian.

“Mewujudkan petani yang dapat bersaing, dengan komoditi yang berkualitas dan didukung infrastruktur yang baik, akan memberikan kebaikan bagi petani. Ke depan, petani harus lebih banyak menggunakan inovasi,” kata Wagner Damanik.

Dalam pertemuan yang digelar di rumah Sanggam Gultom ini, Rio A Damanik menyampaikan, kondisi saat ini petani di Simalungun berada dalam posisi tawar yang lemah. Selain masih berkutat pada persoalan harga yang tidak stabil, kondisi infrastruktur jalan dari sentra pertanian ke kota, masih jauh dari yang diharapkan. Petani masih dibebankan dengan biaya angkut yang cukup tinggi, karena kondisi jalan yang masih rusak.

“Kita berharap kelak ini dapat dituntaskan oleh Bapak WD,” katanya.

Hal senada disampaikan A Sidabutar, masyarakat setempat.

Menurut Sidabutar, Wagner Damanik sangat tepat memimpin Kabupaten Simalungun dan tentunya petani di Sidamanik dan Kabupaten Simalungun, mengharapkan mendapat perhatian penuh dari pemerintah.(rel/fi)





Back to top button