Berita

Wabup Surya Tinjau Pelipatan Kertas Suara

FaseBerita.ID – Pemkab Asahan melalui Wakil Bupati H Surya melakukan monitoring ke Kantor KPU Kabupaten Asahan untuk melihat kesiapan dalam menyongsong perhelatan pesta demokrasi di Asahan, Senin (25/3).

Pada monitoring ini, Wakil Bupati Asahan didampingi Asisten II, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menyampaikan kepada KPU, untuk mempersiapkan apa saja peralatan yang menjadi keperluan dalam pemilu serentak nantinya.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Asahan menanyakan kepada KPU Asahan dalam melakukan persiapan pemilu, apakah ada kesulitan dalam proses pengerjaannya.

Setelah melakukan monitoring di Kantor KPU Kabupaten Asahan, Wabup menyempatkan untuk melihat langsung proses pelipatan kertas surat suara di gedung logistik KPU Kabupaten Asahan dan mengimbau kepada para pekerja pelipat kertas surat suara untuk mengecek kembali surat suara sebelum dilipat.

Baca: Mahasiswa jangan Golput

“Kepada masyarakat, saya mengajak untuk datang berbondong-bondong ke TPS menggunakan hak suaranya dalam pemilu serentak nantinya, karena satu suara berpengaruh untuk satu perubahan,” kata Surya.

Menanggapi monitoring dilakukan Wakil Bupati Asahan ini, Ketua KPU Asahan Hidayat SP menyampaikan, sampai saat ini KPU Asahan telah mempersiapkan peralatan untuk pemilu serentak dengan semaksimal mungkin, dan kendala dalam persiapan ini belum ada. Hidayat juga mengatakan, KPU Asahan akan mendistribusikan surat suara pada tanggal 10-16 April 2019, dan akan mendistribusikannya ke PPK, selanjutnya PPK mendistribusikannya ke PPS, dan PPS akan menyerahkannya kepada TPS.

“Untuk surat suara saat ini lagi dalam proses pelipatan, dan diperkirakan selesai pada akhir Maret 2019,” ujar Hidayat di hadapan Wakil Bupati Asahan.

Hidayat juga mengatakan jumlah surat suara yang diterima KPU Asahan, sebanyak dengan jumlah DPT ditambah 2 persen surat suara cadangan, dan untuk surat suara presiden, wakil presiden serta DPD, KPU Kabupayen Asahan masih menunggu kedatangannya.

“Dalam pemilu nantinya kita akan menggunakan 2 jenis bilik suara yakni karton dan alumunium,” ucap Dayat. (per/ahu)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button