Berita

VIRAL: Sakit, Kakek 70 Tahun Nafkahi 3 Cucu dari Mengemis

ASAHAN, FaseBerita.ID – Mhd Dahlan warga Kota Kisaran, dengan kondisi sangat memprihatinkan kini cukup viral di Kabupaten Asahan. Sebab, kakek berusia 70 tahun ini menjadi perhatian warga saat mengemis di SPBU Jalan Imam Bonjol Kisaran.

Dengan kondisi sakit dan susah untuk berjalan, kakek ini memaksakan diri untuk keluar setiap pukul 17.00 WIB hingga malam hari, demi mendapatkan belas kasihan orang terhadapnya.

Diketahui, viralnya kakek ini disaat salah satu warga pengguna facebook atas nama Nyai Nya Ufal Sukasi memposting video dan foto dengan bahasa status “Entah kayak mana harus kubilang lagi Kakek ni ternyata ngasi makan cucunya 3 orang cewek semua masih kecil2 balita pun ada ..ibu si anak masuk penjara karna narkoba ayahnya lari kata adek ini tadi….sedang kan kakek ini sdah gak bisa jalan trpaksa mengemis buat makan …rumah sekotak yg mereka tinggali pun dapat gratis dari yg punya kos2an . kata tetangganya tadi…..tolong lah di bantu kawan2 adek ini jgak masih harus sekolah Tapi kalw dia sekolah siapa yg mnjaga adeknya yg balita tolong lah warga Kisaran Asahan dibantu”.

Dari status dan foto yang diunggah tersebut menjadikan sebuah perhatian orang banyak dengan 2 ribu kali dibagikan, dan ratusan komentar dari warga net.

Hampir rata-rata warga net yang melihat postingan ini berkomentar dengan sedih dan kasihan. Bahkan ada juga sebagian yang berniat untuk membantu dengan memberikan sumbangan. Dari postingan tersebut, kru media ini mencoba menelusuri dan mencari tahu keberadaan si kakek tersebut.

Pantauan kru media ini, sangat miris dipandang kehidupan si kakek yang menafkahi 3 cucu tersebut. Dengan bertempat yang kumuh, kakek dan 3 cucu ini menjalani hidup.

Beruntung, kakek ini mendapatkan tempat tinggal tersebut dengan cara gratis dari sipemilik kos-kosan.

“Kami gak bayar om, kami dikasih nempati kosan ini gratis dari yang punya kosan. Sering juga orang kasih kami makan,” ucap Ade (13), cucu terbesar kakek tersebut.

Ade mengaku, selama ini, mereka mandi menggunakan air hujan yang ditampung disaat hujan turun. Apabila tidak ada hujan, Ade mesti meminta air dari rumah tetangga.

“Pernah ada mesin pompa, tapi hilang dicuri orang,” bebernya.

Secara kebetulan, disaat wawancara, pemilik akun facebook yang memposting status tentang kakek tersebut datang dan membawa bantuan untuk si kakek dan tiga cucu tersebut.

Pemilik akun facebook tersebut bernama Kasih. Dia merasa sangat prihatin dengan keadaan si kakek yang pada saat itu tergeletak mengeluh kesakitan.

“Alhamdulillah Bang, dari hasil postingan saya malam tadi membuahkan hasil yang sangat positif, ada beberapa yang bantu dengan cara transfer. Ini saya lagi mengantar bantuan tersebut,” tuturnya.

Kasih berharap ada kepedulian antar sesama, baik pemerintah setempat maupun orang yang berhati mulia untuk membantu dan mengibarkan si kakek tersebut. “Semogalah ada orang yang berhati mulia dan membantu kakek ini,” ujarnya.

Diwaktu yang sama juga, beberapa warga setempat berdatangan dan menceritakan keadaan kakek tersebut.

“Kalau orang sini banyak yang peduli kok Bang, tapi yang kami sesalkan setiap ada yang bantu mereka, uang itu selalu dikirimkan kepada mamak anak itu yang ada di penjara. Kalau kami lihat, mamaknya selalu membebankan kakek itu, sering minta kirimin uang. Makanya kami sering kasih saran sama orang yang mau bantu kakek ini, kalau mau bantu, obatkan aja lah kakek ini, jangan dikasih uang, karena kalau dikasih uang akan habis sia-sia,” pungkasnya. (bay/ahu)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button