Berita

Viral di Sosmed Belasan Ekor Lembu Mati di Asahan

FaseBerita.ID – Sekitar 11 ekor lembu/ sapi mati mendadak dengan mulut mengeluarkan busa. Diduga, hewan ternak tersebut sengaja diracun.

Kejadian tersebut mendadak heboh dan viral di sosial media setelah akun Rizma Boru Rambe membagikan video tersebut. Lembu disebut terkapar di ladang ubi yang diketahui berlokasi di Batu IV, dekat perkebunan PT Lonsum  Kecamatan Rahuning, Asahan, Selasa (22/7) siang.

Dalam video yang beredar tersebut diterangkan juga tak jauh dari lembu-lembu mati terdapat dua buah ember air yang diduga sebelumnya telah bercampur racun. Diduga ember berisikan cairan racun tersebut diminum atau disebarkan ke tanaman sekitar dan dimakan oleh hewan-hewan ternak ini hingga tewas keracunan.

“Ada lembu mati di tower batu enam, sebelas ekor mati kena racun,” ucapnya dalam postingan yang hingga Rabu (23/7) siang telah lebih dari 50 kali dibagikan.

Disebutkan, dalam keterangan di video yang dibagikan tersebut, pemilik ternak sempat menyembelih enam ekor lembu yang masih sekarat dan dibawa mengunakan mobil pick up. Banyak warga yang menyaksikan kejadian tersebut dan banyak pula mengutuk aksi perbuatan keji itu dengan tindakan tidak manusiawi walaupun yang menjadi korbannya adalah hewan ternak.

“Ngeri kali yang menyiksa lembu itu dimana hati nuraninya, kalau memang mengganggu tanaman di ladang  lebih baik diperingatkan ke pemilik ternaknya, jangan di racun,” kata Ismail warga sosial media.

Menurut komentar dari nettizen, seluruh lembu yang mati tersebut merupakan milik seorang warga setempat bernama Ujang. “Itu lembu lek ujang semua. Kelewat kali itu pelakunya yang meracun. Super tega,” kata Sri.

Meski demikian tak sedikit juga warga yang berkomentar untuk memberikan peringatan kepada peternak agar menjaga hewan peliharannya jangan sampai merusak lahan pertanian / ladang orang lain karena lembu tidak digembala dan dilepas liarkan ke lahan warga.

Kejadian lembu yang mati diduga diracun memang bukan kali pertama terjadi di daerah ini. Sekitar bulan April lalu. Tak tanggung, sebanyak 22 ekor lembu juga mati di perkebunan warga persis di Tanah Putih, kilometer 22 Kecamatan Aek Songsongan. Menurut informasi dihimpun saat itu memang hewan ternak tersebut dilepas liarkan oleh pemiliknya.

Kemudian, pada bulan Juni lalu di Kecamatan Setia Janji masih Kabupaten Asahan sekitar lima  ekor lembu juga mati diduga diracun karena dilepas liarkan pemiliknya dan memakan tanaman warga. (per/rah)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button