Berita

Vaksin Covid-19 dari China Sudah Tiba di Indonesia

FaseBerita.ID – Pemerintah Indonesia telah menerima vaksin virus corona (Covid-19) dari Sinovac Biotech Ltd, perusahaan asal China, Minggu (19/7).

Hal tersebut dikatakan Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Tengku Faizayah.

Selanjutnya, vaksin dari Sinovach Biotech akan diserahkan kepada PT Bio Farma untuk diuji klinis tahap ketiga. Dalam konteks ini Kemenlu hanya memfasilitasi vaksin dari China ke Indonesia. Keduanya, memang melakukan kerja sama internasional.

Mengenai kelanjutannya Faizayah menyarankan untuk ditanyakan langsung kepada anak perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

“Untuk selanjutnya uji klinis ketiga. Silahkan ditanyakan ke Bio Farma aspek teknisnya,” ucap Faizasyah mengutip Indozone, Senin (20/7).

Sebelumnya, Direktur Utama Bio Farma Honseti Basyir mengatakan perusahaannya akan segera melakukan uji klinis fase tiga pada Juli 2020, setelah pengembangan vaksin Covid-19 bersama Sinovac Biotech Ltd berjalan cukup efektif dalam beberapa waktu terakhir.

Hal tersebut diungkapkan dalam konferensi pers bersama sejumlah pemangku kepentingan terkait yang disiarkan langsung YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (16/7).

“Kami berencana melakukan uji klinis tahap tiga, bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, dan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan. Hasil tahap awal uji klinis akan dipergunakan untuk kebutuhan emergency pada kuartal I-2021, ” kata Honseti.

Untuk diketahui, fase ketiga merupakan pengujian langsung vaksin kepada manusia dalam jumlah besar dengan rentan usia mulai dari anak-anak hingga orang tua. Bila vaksin virus corona ini menunjukkan kemanjurannya, akan memasuki persetujuan regulator di fase keempat. Kemudian diproduksi massal. (tgr)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button