Berita

UTBK-SBMPTN Gelombang II Diikuti 153.251 Peserta

Berjalan Lancar

JAKARTA, FaseBerita.ID -Gelombang II ujian tulis berbasis komputer (UTBK)-seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dimulai kemarin (20/7).

Di hari pertama yang diikuti 29.205 peserta, ujian diklaim tidak menemukan hambatan berarti.

”Alhamdulillah lancar. Karena jumlahnya tidak banyak ya. Semoga lebih lancar,” ujar Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo kemarin.

Selain itu, belum ditemukan kasus peserta yang gagal tes kesehatan karena suhu tinggi atau hasil rapid test reaktif pada penyelenggaraan di hari pertama.

Pada gelombang II UTBK, jumlah peserta memang lebih sedikit daripada gelombang I. Tercatat, jumlah peserta yang terkonfirmasi bakal ikut ujian 153.251 orang.

Jumlah tersebut merupakan peserta yang sebelumnya tidak bisa mengikuti ujian gelombang I karena beberapa sebab. Mulai peserta tidak bisa menuju lokasi pusat UTBK, pusat UTBK batal menyelenggarakan tes, hingga peserta tidak lolos tes kesehatan sebelum ujian.

Jumlah yang relatif sedikit itu turut memengaruhi jumlah pusat UTBK. Pada gelombang II, hanya 32 pusat UTBK yang menyelenggarakan tes.

Di antaranya Universitas Sumatera Utara, Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang, Universitas Negeri Lampung, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Negeri Papua Sorong.

Begitu pula jadwal pelaksanaan di masing-masing pusat UTBK.

Menurut Budi, pusat UTBK tidak full menyelenggarakan dua sesi setiap hari hingga 29 Juli nanti. Hal itu bergantung pada jumlah peserta yang mengikuti tes di pusat UTBK tersebut.

”Misalnya, Unpad (Universitas Padjadjaran) hanya melaksanakan UTBK sesi pagi tadi. Siang ini dan besok, sampai tanggal 29 Juli, sudah tidak melakukan,” paparnya.(jp/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button