Berita

Usulan Percepat Pembangunan Jalan Tol Tapteng Ditanggapi Kementerian PUPR

TAPTENG, FaseBerita.ID – Setelah mengirimkan surat usulan percepatan pembangunan jalan tol di Kabupaten Tapanuli Tengah pada, (12/7/2019) lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menanggapi surat Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani yang ditembuskan ke Direktur Jenderal Bina Marga dan menjelaskan bahwa pembangunan jalan Tol Parapat -Tarutung-Sibolga akan dimulai pada tahun 2020.

Menanggapi atas dibalasnya surat usulan percepatan pembangunan jalan tol itu, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani menyatakan sangat bersyukur.

“Alhamdulillah surat yang kita usulkan sudah direstui, syukur kali kami surat dibalas untuk pembangunan jalan tol, tahun 2020 sudah dimulai,” ujar Bakhtiar saat ditanyai wartawan, Jumat (20/9/2019).

Bakhtiar mengakui, pembangunan jalan tol tersebut merupakan program Pemerintah Pusat. Namun, menurutnya perlu dilakukan langkah jemput bola, sehingga pembangunan itu pasti.

“Bahwa itu kemudian program dari pemerintah pusat sudah pasti, tapi kita harus jemput bola, tidak boleh kita berdiam diri tanpa kita memohon,” katanya.

Dia meyakini, dengan adanya jalan tol Parapat-Tarutung- Sibolga nantinya, tentunya dampaknya cukup besar. Sebagaimana saat ini, pemerintah sedang membangun kawasan Danau Toba, tentu juga akan berdampak baik. Di mana para wisatawan manca negara maupun lokal nantinya akan dapat dengan cepat saat ke Danau Toba. Dan, bila ingin menikmati wisata bahari laut, tentu sudah cepat melalui jalan tol ke Sibolga-Tapteng.

“Kalau itu sudah selesai, kalau kita ke Medan sudah pasti lebih cepat, dan kalau Orang Singkil, Orang Tapsel, Sidimpuan apabila mau ke Danau Toba sudah bisa dari sini lebih cepat, cuma memakan waktu dua setengah jam,” ucapnya.

“Lalu pengangkutan-pengangkutan, mungkin kontainer berukuran ban besar sudah bisa masuk jalan tol, tidak harus melewati batu lubang atau jalan Rampa Poriaha karna tanjakan,” tutur Bakhtiar.

Disinggung terkait kerapnya soal pembebasan lahan menjadi persoalan saat pembangunan jalan tol, Bakhtiar memastikan akan turun tangan untuk hal itu.

“Pasti kita dukung, sepertinya tidak terlalu sulit, karena harga tanah di Jawa sama di sini (Tapteng) beda jauh, jadi pasti lebih mudah. Dan, kami akan pasang badan dan kami akan turun tangan untuk meyakinkan masyarakat untuk mendukung ini, karena dampaknya sangat besar,” katanya.

Untuk itu, Bakhtiar berharap, seluruh masyarakat agar dapat mendukung saat dimulainya pembangunan jalan tol tersebut.

“Dan, saya harap semua masyarakat untuk mendukung ini, saya bangga surat saya sudah dibalas dan saya yakinkan itu bukan kemampuan Bakhtiar Ahmad Sibarani, tapi itu doa masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah, masyarakat Sibolga dan sekitarnya,” ucap Bakhtiar.

Kembali ditegaskannya, dengan disetujuinya jalan tol itu, Bakhtiar mengucapkan terimakasi kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Menteri PUPR dan seruluh pihak terkait.

“Itu rahmat yang luar biasa bagi kami masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah dan Sibolga,” ucapnya. (dh)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close