Berita

Ustadz Abdul Somad: Terimakasih Sudah Mendoakan Emak Saya

ASAHAN, FaseBerita.ID – Kedatangan Ustad kondang Abdul Somad (UAS) disambut ribuan masyarakat yang datang dari berbagai daerah, untuk menghadiri pemakaman ibundanya Hajjah Rohana Binti Nuruddin di Desa Silau Laut, Kota Kisaran, Kabupaten Asahan.

UAS sebelumnya tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Deliserdang pukul 17.15 WIB dengan menggunakan maskapai Garuda Boing 190 dari Surabaya.
Keluarga, kerabat dan hingga pejabat menyambut kedatangan Ustad Somad. Terlihat salah satu perwira polisi berpangkat Ipda mondar mandir di Bandara mempersiapkan segala sesuatunya.

Perwira Polisi tersebut yakni Ipda Muhammad Khomaini, Kanit Jatanras Polres Asahan yang bertutur keluarga dari Ibu Nuraini, kakak sepupu Abdul Somad.
Khomaini pernah mendampingi UAS saat menyampaikan ceramah di Kota Tebing Tinggi beberapa waktu lalu. Dimana ia (Khomaini) selalu mendampingi almarhumah orangtua UAS.

Dari penelusuran, ucapan belasungkawa terus membanjiri akun media sosial Instagram UAS. Di antaranya ada artis Teuku Wisnu, Ifan Seventeen dan Melly Goeslow.

Ustad Somad dalam statusnya di instagram menulis: “Kita Pun Akan Kesana Jua”.

“Seperti biasa setelah tahajud dan witir, mak membaca Quran dan zikir yang biasa beliau baca, setelah itu makan sahur. Selesai santap sahur, mak menonton tausiah UAS di Youtube. Kemudian mak mandi terasa sakit kepala” tulis UAS di akun Instagramnya.

“Beliau terus wudhu’ persiapan shalat subuh. Lalu pingsan, dibawa ke rumah sakit menghembuskan nafas terakhir,” sambungan dari akun instagramnya.

Persis seperti ucapan emak selama ini, “aku kalo bisa, mati jangan pakai sakit lamo lamo. Kalau bisa mandi dulu, jadi jasad awak bersih. Mandi, ambil aye sembahyang, poneng, mati,” jelasan dari status Instagram UAS.

“Jenazah akan dimakamkan di Silau Laut, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara,” terang UAS lagi dalam statusnya.

“71 tahun Allah berikan usia kepada mak. Terimakasih tak terhingga kepada seluruh masyarakat yang telah mendoakan mak. Mohon dimaafkan segala khilaf dan salah mak kami Hajja Rohana Binti Nuruddin,” sebut UAS dalam statusnya di akun Instagram miliknya.

Disambut Keluarga dan Pejabat

Meninggalnya Hj Rohana, ibunda Ustad kondang Abdul Somad Lc, MA atau sering disebut UAS, mengundang perhatian seluruh masyarakat.

Dari banyaknya masyarakat yang hadir untuk mengikuti takziah, mereka rela menunggu dari pagi hingga malam sampai UAS tiba di rumah duka di Desa Silau Lama, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, sekitar pukul 21.00 WIB.

Para pelayat tampak berebut untuk mengikuti proses Fardhu Kifayah dari mensholatkan hingga mengantarkan jenazah almarhumah ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Orang yang menghadiri pemakaman almarhuma bukan hanya dari kalangan masyarakat bawah saja. Namun hadir juga pejabat seperti Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah beserta istri, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto, Wakil Bupati Asahan H Surya BSc, Wali Kota Tanjung Balai M Syahrial, Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Frima dan banyak pejabat lainnya.

Tibanya UAS di rumah duka membuat para pelayat berdesak-desakan ingin mendekat ke UAS untuk mengucapkan turut berduka langsung kepadanya. Dalam kesempatan itu UAS mengucapkan terimakasih kepada seluruh jamaah takziah yang hadir.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jamaah takziah yang sudah membantu saya untuk proses fardhu kifayah ibunda saya, serta turut berbela sungkawa atas meninggalnya ibunda saya,” ucap UAS.

UAS juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang sudah menyambutnya di Bandara Kualanamu dan mengucapkan terimakasih kepada Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah yang sudah mendampinginya dari bandara hingga sampai ke rumah duka.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Utara yang sudah menyambut saya di bandara dan terimakasih juga kepada Wakil Gubernur Sumatera Utara yang sudah mendampingi saya hingga sampai di rumah ini. Terima kasih juga kepada Kapolda Sumut dan Polrestabes Pekan Baru yang sudah mengantar jenazah ibu saya sampai ke rumah ini,” ucapnya.

Setelah itu UAS beserta jamaah takziah melakukan sholat jenazah di Masjid besar Silau Lama dan mengantarkan jenazah Hj Rohana ke tempat peristirahatannya yang terakhir.

Para jamaah takziah saat menggotong jenazah serentak mengumandangkan takbir, tahmid dan tahlil.

“Allahu Akbar, dan La Ilaha illallah,” teriak para jamaah.

Diketahui jenazah ibu Abdul Somad dikebumikan di pemakaman umum Silau Lama tepatnya berdekatan dengan pemakaman almarhum ayah Hj Rohana atau kakek UAS. (bay/des)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button