Berita

USI Gelar Seminar Bahas Keuangan Negara dan APBN

SIANTAR, FaseBerita.ID – Seminar Focus Group Discussion (FGD) Keuangan Negara dan APBN Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia yang bekerjasama dengan Universitas Simalungun yang diselenggarakan di Hotel Horison Kota Pematangsiantar, Kamis (25/4).

Para peserta dan seminar yang hadir dari beberapa anggota MPR, DPRD Simalungun, Bappeda Simalungun, BPPKAD Simalungun, KPPN PMS, Pemko Kota Pematangsiantar, Dosen USI dan beberapa aktivis Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun.

Murbanto Sinaga, aalah satu nara sumber memaparkan tentang Keuangan Negara dan APBN.

“Penyusunan Anggaran Belanja Negara dilakukan untuk membiayai segala kepentingan Negara demi mewujudkan perekonomian nasional yang lebih baik. Dari rincian APBN tersebut, pemerintah dapat melihat seberapa besar penerimaan Negara yang diterima serta berapa besar biaya yang harus dibayarkan Negara di tahun anggaran berjalan,” ujar Murbanto Sinaga.

Beberapa permasalahan yang dipaparkan Murbanto adalah mengenai masih terjadi keterlambatan DIPA dan Juknis yang diterima pemerintah Kota/Kabupaten dan Revisi Daftar Isian Pelaksanaan Anggarn ( Revisi DIPA) yang berdampak kepada proses pelaksanaan. Target pajak hanya ditunjuk kepada objek pajak yang sudah terdaftar.



Pascasarjana

Unefa
1 2Laman berikutnya
Back to top button