Berita

Usai Santap Hidangan Pesta, 48 Orang Warga Asahan Keracunan Makanan

ASAHAN, FaseBerita.ID – Mendadak, puluhan warga Desa Lubuk Palas Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan dari dusun V dan IV mengeluhkan sakit perut, mual dan muntah muntah. Mereka kemudian mendapatkan perawatan medis di sejumlah Puskesmas hingga Rumah Sakit Umum Daerah Haji Abdul Manan Simatupang Kisaran, pada Sabtu (7/12) malam.

Sehari sebelumnya, seluruh warga yang sakit ini diketahui menghadiri undangan hajatan pesta pernikahan salah seorang warga di desa mereka pada Jumat (6/12) kemarin. Kemudian mayoritas warga mengalami sakit keesokan harinya dan berobat ke dokter setempat. Namun hari itu juga korban bertambah banyak dan warga melaporkan kejadian ini kepada kepala desa.

Camat Kecamatan Silau Laut, Berani Simbolon membenarkan laporan warganya itu. Dia menjelaskan sebelumnya acara hajatan warga digelar sehari sebelumnya itu lalu pada malam harinya mendapatkan laporan dari warga terhadap kejadian yang diduga keracunan makanan hidangan pesta.

“Mendapat laporan dari warga, kami langsung mengambil tindakan bersama sama dengan Kepala Puskesmas serta unsur Forkopimcam memonitor beberapa korban di Puskesmas dan Rumah Sakit,” tegas camat, Berani Simbolon menjelaskan.

Sementara itu Bupati Asahan melalui Asisten Ekonomi Pembangunan Drs Jhon Hardi Nasution langsung mengunjungi para korban keracunan makanan malam itu juga, bersama dengan Kaban Kesbang Sorimuda Siregar untuk melihat langsung keadaan para korban.

“Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga kita yang diduga mengalami keracunan di dusun IV dan V desa Lubuk Palas Kecamatan Silau Laut sesuai dengan perintah Bapak Bupati, kita telah melakukan tindakan cepat dengan membawa para korban ke RSUD HAMS dan Puskesmas Binjai Serbangan dengan mengerahkan Kades, camat dan unsur Forkopimcam kecamatan . Kami akan terus memantau perkembangan kasus dugaan keracunan ini serta memastikan semua korban mendapat pelayanan terbaik” ungkap Jhon Hardi.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan, data sementara warga Desa Lubuk Palas yang diduga keracunan makanan sebanyak 48 orang, yakni terdiri dari ibu hamil 4 orang, balita 6 orang, remaja 13 orang dan dewasa 25 orang. (per/rah)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close