Berita

Urus Surat Keterangan Bebas Narkoba di BNN Kini Berbayar

FaseBerita.ID – Kepengurusan surat bebas narkotika kini tidak lagi gratis. BNN Provinsi Kalimantan Timur mulai memungut bayaran Rp290 ribu per orang untuk mengurus Surat Keterangan Pemeriksaan Narkotika (SKPN) dengan 7 parameter.

PP No 19/2020 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tertanggal 1 Maret 2020, jadi dasar BNN untuk memberlakukan tarif bayar untuk pemberian SKPN kepada masyarakat.

“Kami sudah lakukan sosialisasi, dan di BNN Kaltim, diberlakukan mulai hari ini,” kata Kabid Rehabilitasi BNN Provinsi Kalimantan Timur Iwan Setyawan, di kantornya, Jalan Rapak Indah, Samarinda, Kamis (5/11).

Iwan menerangkan, ada 7 parameter sebelum keluar SKPN. Antara lain Amphetamine, Methamine, Metamphetamine, hingga Morphine.

“Untuk kategori masyarakat tidak mampu, ketentuannya ada di petunjuk teknis BNN. Dengan lampiran surat keterangan tidak mampu, tidak dikenakan biaya,” ujar Iwan.

“Ini berlaku untuk BNN, sesuai aturan PP itu. Kalau ada tes lain di klinik, silakan saja. Tapi kalau untuk BNN, sudah berlaku PNBP mulai hari ini 5 November,” tambah Iwan.

Kabid Pemberantasan BNN Provinsi Kalimantan Timur Joko Purnomo menambahkan, sebelumnya, tidak ada biaya untuk mengurus SKPN.

“Kenapa gratis, karena kita bantu pemeriksaan, tapi alat dibawa sendiri untuk yang mengajukan SKPN. Sekarang, tarif Rp290 ribu, alatnya kita yang menyediakan. Harga satu alat Rp 190 ribu,” demikian Joko. (merdeka/fi)

iklan usi



Back to top button