Berita

Update Covid-19 Indonesia: 3.512 Positif, 306 Meninggal dan 282 Sembuh

JAKARTA, FaseBerita.ID-Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengumumkan, pasien corona virus disease 2019 (covid-19) di Indonesia bertambah 219 kasus, sehingga total 3.512. Sementara jumlah meninggal 306 dan pasien dinyatakan sembuh.

Dijelaskan Achmad, masa inkubasi Covid-19 di Indonesia diperkirakan antara lima hingga enam hari. Artinya, gejala-gejala Covid-19 mulai muncul di hari ke lima atau enam setelah terinfeksi virus corona. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri menyebutkan inkubasi Covid-19 di tubuh manusia terjadi hingga 14 hari.

“Covid-19 ini memiliki masa inkubasi yang terlama secara ilmiah yaitu 14 hari. Namun data yang kita miliki, bahwa rata-rata inkubasi yang terjadi di negara kita adalah di kisaran 5-6 hari,” kata Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (10/4/2020).

Oleh karena itu, lanjut Yuri, data pasien Covid-19 yang diperbarui pemerintah tiap hari menggambarkan kasus infeksi virus corona yang terjadi lima sampai enam hari lalu.

“Bahwa kasus positif yang kita dapatkan hari ini sebenarnya adalah kasus yang terinfeksi lima- enam hari lalu,” jelasnya.

Maka, ia kembali mengingatkan soal pelaksanaan pembatasan fisik atau physical distancing demi mencegah penyebarluasan virus corona. Yuri mengatakan dengan adanya penambahan kasus positif tiap hari, artinya physical distancing belum berjalan dengan baik.

“Kita sudah memiliki kesepakatan sebagai bagian dari upaya menghentikan penyebaran ini. Di antaranya, melaksanakan physical distancing. Mengatur jarak. Artinya kegiatan physical distancing yang diwujudkan dengan tetap di rumah, bekerja dari rumah, belajar di rumah, dan beribadah di rumah,” ucap Yuri.(int/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button