Berita

Update Covid-19 di Psp, Rabu 25 Maret Pukul 12.00 WIB: Angka Observasi 182 Orang

FaseBerita.ID – Sebanyak 182 orang warga Kota Padangsidimpuan (Psp) dalam observasi (mengamati) jajaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penaganan Corona Virus Disease (Covid-19). Mereka semua masuk dalam status Pelaku Perjalanan, bukan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Mereka semua diobservasi melalui Petugas Puskesmas masing-masing kecamatan,” kata Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution melalui Ketua Gugus Tugas Percepatan Penaganan Corona Virus Disease (Covid-19) Ali Ibrahim Dalimunthe, Rabu (25/3).

Ibrahim, menjelaskan update data penanganan Covid-19 akan disampaikan dalam 2 kali sehari, pada pukul 12.00 WIB dan pukul 20.00 WIB. Dari data tanggal 25 Maret pukul 12.00 WIB, ada 199 orang Pelaku Perjalanan, 16 orang kembali ke daerah asal, 1 orang dan total yang diobservasi ada 182 orang.

Peta gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kota Padangsidimpuan

“Satu orang selesai observasi artinya dia telah lewat 14 hari. Hasilnya negatif dari Covid-19,” tuturnya.

Kepala BPBD Kota Padangsidimpuan ini juga menyampaikan pelaku perjalanan akan diobservasi selama 14 hari. Metode observasinya petugas datang untuk melihat perkembangan pelaku perjalanan setiap hari.

“Petugas yang mendatangi mereka (pelaku perjalanan) melalui puskesmas masing-masing kecamatan,” tuturnya.

Data Selasa (24/3) pukul 12:00 WIB, jumlah warga Pelaku Perjalanan dari luar daerah yang dipantau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) Kota Padangsidimpuan telah ada 110 orang.

Berdasarkan rilis data per Selasa (24/3) pukul 12:00 WIB, jumlah Pelaku Perjalanan yang dipantau bertambah 53 orang dari sebelumnya hanya 57 orang dan tersebar di enam kecamatan.

“Update data dilakukan setiap jam 12:00 siang. Pertambahan ini merupakan data hasil ‘jemput bola’ dan berkat kesadaran Pelaku Perjalanan yang melaporkan dirinya sendiri,” kata Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution.

Saat memberikan keterangan, Irsan yang juga Pengarah Gugus Tugas PP Covid-19 didampingi oleh Ketua Gugus Tugas Ali Ibrahim Dalimunthe, Kepala Dinas Kesehatan Sopyan Subri dan Kepala Dinas Kominfo Islahuddin Nasution.

Dijelaskannya, Pelaku Perjalanan ini berada dalam pemantauan karena baru datang ataupun baru pulang dari luar daerah. Bahkan ada yang dari luar negeri seperti Thailand dan Malaysia.

“Mereka kita pantau bukan karena sudah positif terjangkit Virus Corona. Tetapi hanya sebagai langkah antisipasi pencegahan saja, manatau saat dalam perjalanan atau ketika di daerah yang ditinggali itu mereka terpapar virus,” jelasnya.

Terkait data yang terus bertambah, Irsan berharap tidak membuat panik masyarakat. Sebab, jumlah ini akan terus bertambah sering bertambahnya warga yang memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah.

Adapun upgrade data terbaru itu ialah, dalam pemantauan Puskemas Wek I Kecamatan Psp Utara dari 2 menjadi 16 orang. Puskesmas Padangmatinggi Kecamatan Psp Selatan dari 11 menjadi 15 orang.

Puskesmas Sidangkal yang juga masih dalam wilayah Kecamatan Psp Selatan dari 21 menjadi 28 orang. Sedangkan pemantauan Puskesmas Batunadua tetap 10 orang.

Di Kecamatan Psp Tenggara, pemantauan Puskesmas Pijorkoling bertambah dari 7 menjadi 24 orang. Sedangkan Puskesmas Labuhan Rasoki dari 2 menjadi 6 orang.

Selanjutnya Puskesmas Hutaimbaru Kecamatan Psp Hutaimbaru dari 4 menjadi 8 orang. Sedangkan Puskesmas Pokenjior di Kecamatan Psp Angkola Julu, dari tidak ada menjadi 3 Pelaku Perjalanan dalam pemantauan. (bsl)

Melawan Virus Corona   Pascasarjana USI  
Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close