Berita

Update: 83 Warga Berstatus ODP di Kabupaten Asahan  

FaseBerita.ID – Tim Gugus Covid-19 terus melakukan pembaharuan data terbaru yang berubah setiap harinya berdasarkan monitoring dan pencatatan yang dilakukan di setiap Puskesmas atau rumah sakit di wilayah Kabupaten Asahan. Hingga saat ini atau Rabu (1/4) terdapat 83 warga berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

Dalam hal ini, ODP merupakan istilah bagi orang yang memiliki gejala demam kurang dari 38 derajat, atau gangguang sistim pernapasan (pilek, batuk, sakit tenggorokan) 14 hari terakhir dan tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri atau dari kota yang terdapat laporan kasus covid-19.

Kecamatan Air Batu  merupakan daerah yang paling banyak dilaporkan yakni sebanyak 15 orang, disusul kecamatan Air Joman 14 orang. Sementara itu di kecamatan Kisaran Timur ada 7 orang dan Kisaran Barat ada 6 orang.

Meski demikian, dari total seluruh 25 kecamatan di Kabupaten Asahan terdapat 10 kecamatan yang bebas dari ODP diantaranya kecamatan  Rawang Panca Arga, Silau Laut, Rahuning, Simpang Empat, Sei Kepayang, Tanjungbalai, Mandoge, Sei Kepayang Timur, Meranti, Aek Kuasan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat Siregar yang juga sekaligus sebagai humas tim gugus covid-19 menjelaskan, selama ini penetapan status ODP adalah, orang yang berasal atau datang dari wilayah terinfeksi virus Corona, walaupaun kondisinya dalam keadaan sehat atau sakit, sesuai dengan petunjuk dan acuan dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes RI tanggal 27 Maret 2020 yang lalu.

“Jadi status ODP itu diberikan kepada orang yang baru pulang dari wilayah terinfeksi corona. Dan dalam keadaan sakit. Jadi, bila sehat (tidak ada keluhan) belum tentu dinyatakan ODP,” terangnya.

Ditambahkannya, ia pun berpesan kepada masyarakat Asahan bilamana ada mengalami gejala tersebut agar memeriksakan segera kesehatan dirinya di Puskesmas dan rumah sakit setempat untuk diambil tidakan pencegahan.

Sementara itu, kepada warga yang bersatatus ODP diminta untuk isolasi mandiri guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan terjadi.

Sebelumnya, tim gugus tugas covid-19 Kabupaten Asahan bersama ratusan relawan menerjunkan tim untuk menyemprotan disinfektan pada sejumlah fasilitas publik dan jalanan di kota Kisaran, dengan mengerahkan mobil pemadan kebakaran , dan mobil water canon milik Polres Asahan. Hal ini untuk mengantisipasi penularan dan pencegahan covid-19. (per/rah)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button