Berita

Upacara HUT ke-75 RI di Parlilitan: Berdoa agar Covid-19 Berlalu

FaseBerita.ID – Upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-75 di Kecamatan Parlilitan, Humbang Hasundutan (Humbahas), Senin 17 Agustus 2020 berlangsung hikmad, meski dilaksanakan dengan sangat sederhana. Upacara digelar di halaman Mapolsek Parlilitan pada pukul 08.00 WIB.

Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang bertindak selaku Inspektur upacara (Irup). Peserta upacara juga sangat terbatas dan diharuskan mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid- 19.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Dirgahayu ke-75 RI tanpa diwarnai arak-arakan yang diiringi grup marching band. Tidak ada pesta hiburan rakyat maupun perlombaan kegiatan yang sifatnya menghibur, seperti sepak bola, voli serta olah raga lainnya yang banyak diminati masyarakat.

Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang mengatakan, meski sangat sederhana, pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-75 RI di Parlilitan berjalan lancar dan penuh hikmad. Menurut Dia, situasi pelaksanaan upacara hampir sama di seluruh daerah. Dimana, pesertanya dibatasi dan tanpa kegiatan-kegiatan hiburan.

“Hal itu terpaksa dilakukan, mengingat pandemi Covid-19 masih terus berlangsung,” ujar Eliapzan usai upacara di Mapolsek Parlilitan, Senin (17/8).

Lebih lanjut dikatakan, upacara kali ini dilaksanakan tanpa peringatan detik-detiks serta pembacaan teks Proklamasi. “Selain itu, pembacaan pidato kenegaraan dan sambutan Bupati Humbahas juga tidak dilaksanakan,” imbuhnya.

Eliapzan berharap, pandemi Covid-19 dapat segera berlalu, agar peringatan HUT RI berikutnya berlangsung meriah seperti sebelumnya. Peserta upacara juga berdoa memohon memohon kepada Tuhan agar pandemi covid segera berlalu. “Kita tadi melalui rohaniawan mendoakan agar pandemi Covid-19 segera berlalu, sehingga pelaksanaan dirgahayu bisa kembali lebih meriah seperti sebelumnya,” harapnya.

Dia mengajak seluruh warga selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan. “Tetap pakai masker saat keluar dari rumah, rajin mencuci tangan serta menjaga jarak. Itu semua demi kesehatan dan keselamatan kita. Hargai kesehatanmu, keluargamu, sahabat dan orang-orang di sekitar kita,” imbaunya.

Upacara dihadiri oleh Kapolsek Parlilitan Iptu J Lbn Gaol, Danramil Koramil 11- Parlilitan Peltu Andi Lumbantoruan, Anggota DPRD Humbahas dari Dapil tiga Ir Mutiha Hasugian, KUPT Puskesmas Parlilitan dr Iwilson Ginting serta sejumlah perwakilan OKP dan Ormas. (sht)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button