Berita

Untuk Calon Bupati Rekam Jejak itu Penting

FaseBerita.ID – Munculnya nama Gidion Purba, yang saat ini masih menjabat Sekda Simalungun, sebagai salah satu bakal calon bupati Simalungun Pilkada 2020, mendapat respon publik.

Gidion Purba dinilai memiliki rekam jejak yang patut menjadi catatan bagi masyarakat Simalungun.

Salah satu rekam jejak yang menjadi perhatian publik adalah penilaian Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI terhadap pengelolaan keuangan Pemkab Simalungun dengan status disclaimer. Bahkan penilaian disclaimer sudah berulang kali diperoleh Pemkab Simalungun.

“Untuk mencalonkan diri sebagai kepala daerah merupakan hak seseorang. Namun untuk memiliki calon pemimpin, rekam jejak sangat menentukan,” ujar Kristian Silitonga, salah seorang pengamat Politik Siantar-Simalungun, Selasa (11/6/2019).

Menurut Kristian, salah satu cara untuk menguji calon pemimpin yang layak adalah dengan melihat rekam jejaknya.

“Masyarakat sudah diberi hak konstitusionalnya untuk mengevaluasi pemimpin dan jajarannya. Nah, di saat ada pesta demokrasi, maka di situlah waktunya masyarakat untuk memberikan sikap,” terangnya.

Disebutkan Kristian, masyarakat memiliki otoritas penuh untuk menentukan pemimpinnya. Maka masyarakat Simalungun sangat dirasa perlu melihat daerah-daerah lain yang berhasil mendudukan pemimpinnya.

“Misalnya Solo, Surabaya dan daerah lainnya yang benar-benar berhasil membangun daerahnya. Di sana, untuk memilih pemimpinnya tidak melihat identitas sosial budayanya. Tapi di kita, politik identitas sosial budaya itu masih kental. Nah itu yang perlu dibenahi dalam pesta demokrasi,” terang Christian.

Untuk Pilkada Simalungun mendatang, diharapkan muncul calon-calon baru, sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan dan bisa menentukan berdasarkan rekam jejaknya. (pra/esa)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close