Berita

UNA Gelar Tes Potensi Akademik ke Calon Mahasiswa Baru

FaseBerita.ID – Universitas Asahan (UNA) melaksanakan Tes Potensi Akademik Penerimaan Mahasiswa Baru (TPA PMB) Tahun Akademik 2020/2021 gelombang I menjelang new normal di 3 ruangan yaitu Laboratorium Puskomnet, Laboratorium Komputer Ekonomi dan Laboratorium Komputer Teknik.

Gelaran tersebut dilakukan dengan jadwal berbeda-beda di tengah waspada penularan virus corona.  TPA PMB kali ini diikuti  325 peserta. Ketua PMB UNA Ir Ansoruddin Harahap MP mengatakan pihaknya telah melakukan serangkaian pencegahan penyebaran virus corona (covid-19) lewat pembersihan meja dan komputer menggunakan cairan disinfektan.

Pihak kampus juga menyediakan alat pembersih tangan dan tisu di depan 3 ruang ujian dan toilet. “Gagang pintu juga dibersihkan dengan cairan disinfektan,” kata Ansoruddin Harahap, Sabtu (26/6).

Selain itu, Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNA juga menyiapkan 19 petugas (Satgaskam) untuk mengecek suhu tubuh seluruh peserta ujian.

“Untuk peserta yang telah lolos screening, mereka dipersilakan menuju ruang ujian, lalu diwajibkan menggunakan pembersih tangan yang telah disediakan panitia di depan ruang ujian,” jelasnya.

Pelaksanaan ujian dimulai pukul 09.00 Wib dan rangkaian test tersebut diperkirakan selesai pada pukul 17.00 WIB. Diharapkan semua calon mahasiswa akan mampu menjawab semua rangkaian test dengan baik, sehingga mampu mencapai nilai standar. TPA PMB bertujuan untuk mengetahui kemampuan akademik dan non akademik masing-masing calon mahasiswa.

Ketua Yayasan UNA Drs Mapilndo MPd bersama Wakil Sekretaris Yayasan Zaid Afif SH MH meninjau langsung pelaksanaan TPA PMB UNA TA 2020/2021. Ia mengapresiasi seluruh panitia TPA PMB yang sudah bekerja sesuai SOP protokoler kesehatan.

Warek I UNA Prof Dr Tri Harsono MSi didampingi Warek II Sri Rahayu SPd MPd mengatakan, social distancing atau pembatasan sosial menjadi langkah penting dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19 sehingga segala bentuk kegiatan yang bersifat kerumunan harus dihindari.

Selain itu, Prof Dr Tri Harsono MSi menjelaskan pelaksanaan TPA PMB ini akan dibagi menjadi empat sesi, di mana pada setiap sesi, jenis soal yang diberikan berbeda sehingga kerahasiaan soal tetap terjaga. Alokasi waktu pengerjaan yang diberikan juga cukup singkat guna menghindari kecurangan seperti mencontek atau bekerja sama.

Pengumuman kelulusan seleksi PMB Gelombang 1 dalam waktu dekat akan kami beritahu kepada mahasiswa yang lolos test melalui website www.pmb.una.ac.id.

UNA menerima mahasiswa baru untuk 11 (sebelas) program studi. Adapun program studi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa yaitu S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Informatika, S1 Agroteknologi, S1 Budidaya Perikanan dan Kelautan, S1 Ekonomi Manajemen, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Ilmu Hukum, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Institusi dan 99 % program studi sudah terakreditasi B oleh BAN-PT.  (per/sr)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close