Berita

UMK Tapanuli Tengah 2020 Meningkat

TAPTENG, FaseBerita.ID – Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) menyebut Upah Minimum Kabupaten (UMK) di wilayah itu pada tahun 2020 mengalami peningkatan dari tahun 2019.

Hal itu disampaikan Kadis Tenaga Kerja Tapteng M Parulian Sitompul melalui Kabid Hubungan Industrial Nasaruddin Pulungan, Senin (27/1). “Tahun 2019 UMK di Tapteng Rp2.608.869,52 sekarang tahun 2020 meningkat jadi Rp2.830.884,32,” ujar Nasaruddin.

Dijelaskannya, angka UMK pada tahun 2020 ini harus menjadi rujukan puluhan perusahaan yang ada di Tapteng dalam memberikan upah kepada karyawannya. “Kalau data tahun 2019, di Tapteng ada 71 perusahaan. Dan angka UMK itu harus diberlakukan dalam pemberian upah,” ucapnya.

Nasaruddin menuturkan, puluhan perusahaan yang ada di Tapteng itu bergerak dibeberapa bidang.

“Sawit, ada pabriknya, tangkahan (perikanan,red), dan swalayan. Dan tahun ini akan kita lakukan pendataan lagi,” katanya.

Disinggung apakah benar UMK diberlakukan oleh seluruh perusahaan di Tapteng dalam memberikan upah kepada karyawannya, Nasaruddin mengaminkannya. “Kalau sesuai informasi yang kita terima ya begitu, sesuai UMK.

Karena tahun 2019 tidak ada pengaduan yang mempersoalkan pengupahan dari perusahaannya. Dan kalau ada karyawan yang tidak diupah sesuai UMK, silahkan melaporkannya ke kita,” sebut Nasaruddin.

Ditambahkannya, terkait sanksi kepada perusahaan yang tidak memberlakukan pengupahan sesuai UMK yang telah di tatapkan, maka akan dikenakan sanksi administrasi. “Kalau sanksi ya sanksi administrasi,” katanya. (dh)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close