Berita

Ulos Taput Peringkat Pertama Lomba Selendang se-Indonesia

TAPUT, FaseBerita.ID – Kain tenun ulos dari Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara, meraih peringkat pertama dalam perlombaan Selendang Indonesia oleh Adi Wastra Nusantara yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Jakarta, sejak 20 Maret hingga acara puncak pada Minggu (24/3).

Atas raihan peringkat pertama tersebut, Maria Sinaga memperoleh piala beserta uang pembinaan dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan Adi Wastra Nusantara yang diserahkan oleh Triawan Munaf, selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF).

Kepada wartawan, Maria yang dikonfirmasi melalui pesan Whats App mengungkapkan bahwa, rasa bahagia bercampur haru tak bisa ia bendung ketika ulos tenunannya diumumkan terpilih meraih peringkat pertama di perlombaan selendang Indonesia.

“Raihan prestasi ini saya harapkan akan semakin mengharumkan nama Taput di kancah nasional dan dapat membayar rasa lelah ibu Satika Simamora, Ketua Dekranasda Taput, yang tidak pernah capek dalam membimbing dan membina para pengrajin tenun ulos di taput, “kata Maria, yang juga tercatat sebagai anggota Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Baca: Ferianti Sidabutar, Wirausaha Muda Dalam Boot Camp 2019

Ketua Dekranasda Taput, Satika Simamora ketika dikonfirmasi mengatakan, akhirnya doaku didengar Tuhan, Penenun terdepan, dan penenun saat ini sudah menerima penghargaannya.

Juara satu se-Indonesia kategori tenun selendang, harapan saya khusus bangso Batak sudah bertambah lebih cinta lagi dengan produk Lokal. Artinya kita mulai dari diri kita sendiri, mencintai milik kita, pakailah produk lokal dengan begitu mata rantai kehidupan itu terjadi,” ucapnya. Senin (25/3).

Satika berharap order dari nasional dan internasional terjadi di Tapanuli Utara, untuk menambah lebih lagi kesejahteraan masyarakat di Tapanuli Utara, khususnya penenun. Dan saya mengharapkan produk produk lain dari Tapanuli utara juga terangkat seperti Wine Coffee Gogo produksi Pagaran Tapanuli Utara. “PAUD di Tapanuli Utara juga masuk nasional, dan masih banyak lagi harapan saya, dan saya yakin kita Tapanuli Utara pasti bisa, Puji Tuhan,” tuturnya. (as/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button