Berita

Ulos Batak Tampil di Pameran Crafina Jakarta

FaseBerita.ID –  Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tapanuli Utara ikuti pameran produk industri kreatif Crafina Tahun 2019 yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC).

Transaksi hari pertama pembukaan Stand Pemkab Taput di pameran Crafina yang dibuka Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih mencapai puluhan juta rupiah.

Tampil di Plenary Hall JCC, stand Pemkab Taput yang digawangi Dekranasda memajang produk berupa Tenunan, Sarung,  Jas Modifikasi, Outer, Hande-hande, Makanan dan kerajinan tangan laris manis.

Bahkan sebut Junjung Hutabarat yang paling banyak diincar konsumen yakni Outer, Sarung dan kerajinan tangan.

“Walaupun sepi pengunjung saat pembukaan, namun stand kita tetap ramai diserbu kaum ibu dibandingkan stand yang lain,” ujarnya, Jumat (18/10/2019).

Kebanyakan mereka memburu Outer, Jas dari bahan ulos hingga Sarung.

“Bahkan hingga barang habis dan kita terpaksa memesan kembali,” katanya.

Selain itu kehadiran Ketua Dekranasda Ny Satika Nikson Nababan boru Simamora  yang tampak hadir menawarkan produk ke konsumen salah satu faktor pelaris.

“Kita sudah sering alami, bila ibu itu ada di stand pasti barang kita cepat laku. Karena ibu itu gencar mempromosikan stand kita bila hadir di pameran,” tambahnya.

Ketua Dekranasda Taput Satika Simamora mengatakan bahwa pihaknya tetap berupaya hadir bila ada pemeran kerajinan.

“Inilah salah satu cara memasarkan produk pengerajin Taput yang selama ini sudah dikenal,” ungkapnya.

Selain itu, Satika mengatakan pameran yang telah berlangsung ke-12 kali, menyajikan kerajinan unggulan dari para pengrajin seluruh Indonesia salah satu syarat ikut ajang Inacraft.

“Kita harapkan hingga tanggal 20 Oktober ke depan produk pengerajin tetap diburu sehingga nantinya akan memotivasi yang lain berlomba menghasilkan kerajinan  layak bersaing di pasar nasional maupun internasional,” pungkasnya yang dalam kesempatan itu tampak hadir Ny Sarlandy Hutabarat Marsaulina Lumbantobing.

Seperti diberitakan Crafina tahun ini mengusung tema “From Natural Resources to Creative Product for Lifestyle“ diikuti sekitar 357 perusahaan kerajinan Indonesia dan diharapkan bisa menggaet 40 ribu pengunjung. Berbagai produk yang ditampilkan antara lain berbasis tekstil, kayu, batu-batuan, logam, mineral, fiber dan kulit. (as/osi)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close