Berita

Turun ke Lokasi Karhutla Sekda dan Kapolres Asahan Bantu Padamkan Api

ASAHAN, FaseBerita.ID – Bupati Asahan H Surya Bsc menginstruksikan perangkat daerahnya agar turun langsung untuk membantu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Perbangunan Blok XX, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan.

Hal ini disampaikan Sekda Kabupaten Asahan Taufik ZA Siregar kepada wartawan, Selasa (24/9/2019), saat memantau lokasi lahan yang terbakar di Desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan.

“Guna menanggulangi kebakaran lahan di Desa Perbangunan, saya bersama Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu turun langsung ke lokasi untuk memantau perkembangan upaya pamadaman api. Saat ini, api sudah padam total di lokasi dan asap juga sudah berkurang. Sebelumnya, saya telah instruksikan agar penanganan kebakaran dipercepat serta mencegah kebakaran meluas,” ujar Taufik.

Pantauan di lokasi, semua tim terkait terjun langsung untuk memadamkan sisa api di Desa Perbangunan bersama TNI – Polri dan BPBD.

“Kita semua turun, tim terpadu yang terdiri dari Pemkab Asahan, TNI, Polri, dan dibantu oleh warga masyarakat berkerja sama untuk menangani kebakaran lahan. Karhutla saat ini menjadi isu nasional sehingga menjadi perhatian pemerintah pusat. Maka dari itu, peristiwa kebakaran lahan yang saat ini terjadi di wilayah Kabupaten Asahan akan secepatnya kita atasi, agar kabut asap yang terjadi akibat peristiwa tersebut dapat segera hilang,” tutur Taufik Siregar.

Pantauan wartawan, hingga Rabu (25/9/2019), kondisi kabut asap akibat kebakaran lahan gambut di  sejumlah daerah wilayah Kabupaten Asahan mulai berkurang, tak nampak lagi kepulan asap yang menyelimuti Kota Kisaran seperti hari-hari sebelumnya.

Kendati demikian, sejumlah kelompok dan elemen masyarakat ikut membagi-bagikan masker dan memberi imbauan ke warga agar mewaspadai dampak polusi asap dengan mengurangi aktivitas di luar rumah, banyak minum air putih, dan mengkonsumsi buah untuk mencegah terhindarnya dari ISPA. (per)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker