Berita

Tumbur Napitupulu Ambil Formulir Partai NasDem

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Sejak dibukanya penjaringan pendaftaran bakal calon (balon) bupati-wakil bupati, Partai NasDem Simalungun sudah ada dua kandidat yang mengambil formulir. Sementara di Partai NasDem Pematangsiantar belum ada yang mengambil formulir untuk pendaftaran balon walikota-wakil walikota.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Simalungun Bernhard Damanik ketika dihubungi, Jumat (27/9/2019) mengatakan pihaknya telah membuka penjaringan pendaftaran balon bupati-wakil bupati sejak 23 September lalu.

Hingga kemarin, sudah ada dua balon yang mengambil formulir. Keduanya yaitu Tumbur Napitulu yang mengambil formulir balon Bupati Simalungun dan Martua Simarmata mengambil formulir untuk balon Wakil Bupati Simalungun. Martua Simarmata merupakan Pangulu Nagori Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

“Jadi masih dua orang yang mengambil formulir sejak 23 September. Kita masih menunggu, karena jadwal pendaftarannya sampai 23 Oktober mendatang,” kata Bernhard.

Sementara itu, Partai Nasdem Pematangsiantar yang memiliki tiga kursi di DPRD belum mengeluarkan satu formulir pendaftaran untuk balon walikota-wakil walikota.

Ketua DPD Partai NasDem Pematangsiantar Frans Herbert Siahaan mengatakan, Partai Nasdem sudah membuka pendaftaran 23 September dan berakhir 23 Oktober.

“Masa pendaftaran dari kita selama satu bulan. Kemudian, 24-31 Oktober pemaparan visi, misi, dan strategi. Selanjutnya 1-5 November pleno DPD/DPW, dan 6-8 November penyerahan berkas ke DPP,” terangnya.

Frans menambahkan, syarat-syarat untuk pendaftaran sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Namun khusus di Partai NasDem, ditambah satu syarat lagi, yaitu harus mengikuti lembaga survei.

“Calon harus disurvei. Ada delapan lembaga survei yang telah ditentukan Partai NasDem. Calon bisa memilih salah satu lembaga survei agar dirinya disurvei,” ujarnya.

Kedelapan lembaga survei tersebut yaitu Indikator, Charta Politika, Poltracking, dan Indo Riset Consultant. Lalu, JSI, Indekstat, Pusdeham, dan Research. Para calon bebas memilih satu di antaranya.

“Yang perlu digarisbawahi, tidak ada pengutipan sepeser pun saat pendaftaran dan saat mereka di usung. Bahkan untuk materai mereka pun, kita yang persiapkan,” tegas Frans. (mag-04/pra)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker