Berita

Tugu Sangnaualuh Bakal Dibangun di Makam Pahlawan

SIANTAR, FaseBerita.ID – Sampai saat ini kelanjutan pembangunan Tugu Raja Sangnaualuh belum jelas, meski pemko sudah melakukan pertemuan dengan beberapa tokoh masyarakat dan lembaga adat. Namun rencananya, pembangunan akan dilakukan di Makam Pahlawan.

Senin (15/7/2019) lalu, Pemko kembali mengadakan pertemuan di Bappeda membahas kelanjutan pembangunan tugu tersebut. Pertemuan itu dihadiri Walikota Pematangsiantar, PMS, Ihutanbolon Damanik, Yayasan Raja Sangnaualuh dan beberapa tokoh masyarakat. Adapun pembahasan mengenai kelanjutan pembangunan tugu tersebut masih meminta pendapat dari petuah dan masyarakat.

Sekretaris PMS Rohdian Purba saat dihubungi wartawan, Kamis (18/7/2019) mengatakan, dalam pertemuan terakhir belum disebutkan kapan pastinya pembangunan dilakukan.

“Kapan pastinya belum tahu. Namun katanya tahun ini. Akan ada rapat lagi untuk membuat suatu keputusan. Rapat kemarin membahas lokasi pembangunan Tugu Sangnaualuh yang rencananya dibangun di Makam Pahlawan dan pembangunannya akan dilaksanakan tahun ini. Hanya saja kapan pastinya dilakukan, belum ada kepastian,” jelasnya.

Mengenai status pembangunan Tugu Sangnaualuh yang mangrak di Lapangan H Adam Malik, Rohdian enggan berkomentar banyak, karena hal itu merupakan ranahnya Pemko.

“Itu masalah Pemko dan itu tidak ada dibahas dalam rapat. Tetapi masalah anggaran untuk pembangunan kembali Tugu Sangnaualuh sudah ditampung. Pemko merupakan fasilitator di rapat itu, dan kita hanya membahas lokasi dan kapan pembangunan akan dilaksanakan,” tegas Rohdian.

Dia juga berharap dalam rapat berikutnya ada keputusan final kapan pembangunan dimulai.

“Kita berharap, rapat terakhir nanti menjadi titik terang pembangunan Tugu Sangnaualuh dan tidak ada lagi kendala,” tutupnya. (mag-04/des)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button