Berita

Tugas Pembantuan Dana APBN Dilaksanakan di Labuhanbatu

LABUHANBATU, FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu telah melaksanakan tugas pembantuan bersumber dari dana APBN tahun anggaran 2018, dilaksanakan melalui dua program yang diberikan yaitu, melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

Hal ini dikatakan Plt Bupati Labuhanbatu dalam Nota Pengantar Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPj) Bupati Labuhanbatu tahun anggaran 2018, pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu, beberapa waktu lalu.

Katanya, ini adalah program pembinaan dan pengembangan infrastruktur pemukiman dengan alokasi dana sebesar Rp2.194.979.000, dan seluruhnya dapat direalisasikan atau infrastruktur sistem penyediaan air minum yang dilaksanakan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Labuhanbatu, yang disalurkan ke beberapa desa di Kabupaten Labuhanbatu yaitu, Desa Bandar Tinggi, Desa Kampung Dalam Kecamatan Bilah Hulu, Desa Sei Sentosa Kecamatan Panai Hulu, Desa Sei Tarolat, Desa Sei Tampang, Desa Selat Besar Kecamatan Bilah Hilir, Desa Sibargot Kecamatan Bilah Barat, serta Desa Teluk Sentosa Kecamatan Panai Hulu.

Kemudian, melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, dengan program penempatan dan pemberdayaan tenaga kerja.

Alokasi dana program ini sebesar Rp454.150.000, dan seluruhnya dapat direalisasikan atau 100 persen.

Adapun output pelaksanaan program ini adalah tenaga kerja dan calon wirausaha yang diberikan bantuan yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Labuhanbatu, yang disalurkan untuk kegiatan wirausaha tenaga kerja mandiri melalui pola pendampingan.

Menurut Andi Suhaimi, selain melaksanakan tugas pembantuan dari pemerintah pusat, Pemkab labuhanbatu juga memberikan tugas pembantuan kepada desa sebagai bentuk pemberian kewenangan kepada pemerintah bawahan, tugas pembantuan yang diberikan antara lain, dana desa yang diberikan kepada 75 desa dengan alokasi dana sebesar Rp60.319.154.000, dan terealisasi sebesar Rp60.049.211.000 atau 99,60 persen.

Di samping itu, selain mengalokasikan dana desa, Pemkab Labuhanbatu juga memberikan alokasi dana desa yang diberikan kepada 75 desa dengan total sebesar Rp68.440.847.400, dan terealisasi keseluruhannya atau 100 persen. (nik/ahu)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button