Berita

TPL dan KTH Bersama, Tanam Perdana Kemenyan

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) Bersama, menggelar acara syukuran Penanaman Perdana Kemenyan di areal konsesi TPL Sektor Tele, Rabu (5/2).

Ini merupakan bentuk kerjasama TPL dengan masyarakat khususnya petani kemenyaan di sekitar areal konsesi sebagai wujud nyata tumbuh dan berkembang bersama masyarakat.

Seremoni digelar di kawasan hutan Simarombun/Aek Sihulihap, Desa Sionom Hudon Timur, Kecamatan Parlilitan, Humbang Hasundutan (Humbahas).

Acara dihadiri oleh Direktur PT Toba Pulp Lestari, Tbk Mulia Nauli, Kepala UPT KPH XIII Wilayah Dolok Sanggul Benhard Purba, Kadis Pertanian yang diwakili Sekdis Ida Maria Manullang; Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimkec) Parlilitan, yaitu Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang, Kapolsek Parlilitan AKP Bintang P Simanungkalit, Plt Danramil Koramil 11-Parlilitan Peltu Andi Lumbantoruan; Kades Sion Timur Piator Tinambunan serta sejumlah tokoh masyarakat.

Puncak acara syukuran ditandai dengan penanaman kemenyan oleh perwakilan manejemen TPL, UPT KPH, Kadis Pertanian, Forkopimkec Parlilitan, Kepala Desa, Ketua KTH Bersama, serta tokoh masyarakat.

Mewakili pihak manejemen PT TPL Mulia menyampaikan terimakasih karena menerima kehadiran TPL di tengah kehidupan mereka. Dia menyebutkan bahwa sukses yang dicapai TPL tidak terlepas dari dukungan masyarakat. Karenanya, Dia mengajak masyarakat untuk selalu bergandengan tangan menjaga dan merawat hutan serta tanaman kemenyan yang ada di dalam hutan tersebut

“Perusahaan mempunyai motto, Tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Dan tentunya kami tidak akan bisa sukses tanpa dukungan dari bapak ibu sekalian. Dan tentunya, khususnya pada tanaman kita ini, tanaman kemenyan, kita harus bergandengan tangan menjaga, merawat sehingga mendapatkan hasilnya,” ujar Mulia Nauli dalam sambutannya.

Mulia juga menyampaikan pihaknya selalu membuka diri atas segala saran, masukan dan bahkan kritikan demi kebaikan bersama untuk kedepannya. “Tegur kami. Karena tentunya sebagai manusia biasa, kami tidak luput dari kekurangan. Tetapi kami yakin apapun kekurangan kami, tapi apapun kekurangan dan kesalahan kami, pasti bukan disengaja,” pintanya

Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang menyambut baik serta sangat mendukung program PT TPL tersebut. Dia berharap, kerjasama ini berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Parlilitan khususnya petani kemenyan. Eliapzan berharap masyarakat yang tergabung dalam KTH Bersama, dapat merawat bibit kemenyan yang diberikan oleh TPL agar bisa menikmati hasilnya serta tetap menjaga kerjasama danhubungan baik.

Hal senada disampaikan oleh Kades Sion Timur Piator Tinambunan. Dia menambahkan, hubungan kerjasama antara TPL dengan masyarakat Parlilitan khususnya Sionom Hudon Timur dapat ditingkatkan.

Sementara itu, Kepala UPT KPH XIII wilayah Dolok Sanggul Benhard Purba mengatakan bahwa pihak kehutanan juga turut mendukung program tadi dalam membantu masyarakat. Pihaknya akan berupaya meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar hutan tanpa merusak hutan. “Paradigma kehutanan sekarang sudah berobah. Kita sudah memberdayakan masyarakat. Bagaimana masyarakat supaya sejahtera, hutan tetap lestari. Itu motto kita,” tandas Benhard. (sht)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close