Berita

Tolak TPA, Warga Unjuk Rasa ke Kantor DPRD Psp

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Masyarakat Desa Batang Bahal dan Masyarakat Desa Siloting, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan (Psp), Senin (5/8/2019) lalu berunjukrasa di Kantor DPRD Kota Padangsidimpuan. Merasa diacuhkan, pengunjukrasa yang didominasi kaum ibu itu merangsek masuk ke gedung kantor perwakilan rakyat itu.

Sebagai koordinator massa dengan jumlah 100-an orang itu, Hendrik dan Jamaluddin Harahap menyampaikan tuntutan. Di antaranya agar Ketua DPRD Kota Psp secepatnya menutup TPA yang berada di Daerah Batangbahal, yakni Balakka Sipunggur.

“Kami masyarakat Desa menolak dengan tegas adanya TPA yang ada di lokasi desa kami karena sudah banyak masyarakat terkena penyakit,” ungkapnya.

Pukul 15.00 WIB aksi saling dorong antara masyarakat dengan petugas Satpol PP Kota Psp terjadi di depan pintu masuk Kantor DPRD.

Lima puluh menit kemudian, 30 orang perwakilan masyarakat Desa Batang Bahal dan Desa Siloting akhirnya diterima dan melaksanakan Rapat Dengar Pendapat di Aula Kantor DPRD.

Hasil dari Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara warga dengan DPRD yang diketuai Taty Aryani Tambunan, meminta masyarakat di dua desa agar dapat menyikapi permasalahan pembangunan TPA tersebut.

“Dan apabila tidak sesuai dengan AMDAL, saya selaku Ketua DPRD akan maju paling depan untuk menggagalkan pembangunan TPA tersebut. Kami hanya sebagai perpanjangan tangan masyarakat dan kami pun akan turun ke lokasi TPA yang berada di Desa Batal Bahal. Saya juga tegaskan kalau kajian ini tidak benar, maka saya tidak akan setuju. Karena pembangunan TPA ini masih kajian. Kalau Kajian ini benar, maka akan saya tampung karena ini sudah ada anggarannya,” terangnya.

Kemudian kata Taty, Permasalahan TPA ini akan dibahas dan dirapatkan dalam sidang DPRD. Selanjutnya pukul 17.30 WIB, seluruh rangkaian kegiatan Rapat Dengar Pendapat (RDP) permasalahan TPA, selesai dan situasi aman serta kondusif.

Selasa (6/8/2019) siang, Taty Aryani mengunjungi langsung lokal bakal TPA di Balakka Sipunggur, Desa Batang Bahal, Kecamatan Psp Batunadua. (san)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close