Berita

Tobasa Siap Dukung Program KKBPK

TOBASA, FaseBerita.ID – Perwakilan BKKBN Sumatera Utara bersama mitra kerja dalam hal ini Komisi IX DPR RI gencar melakukan sosialisasi advokasi dan KIE kepada masyarakat di Hotel Nowly – Doloksanggul, Toba Samosir (Tobasa), belum lama ini.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, DR Saleh Partaonan Daulay MAg, sebagai mitra kerja BKKBN mengajak seluruh warga mendukung Program KKBPK. Pengendalian jumlah penduduk diyakini dapat mengurangi persoalan baru. Seperti angka pengangguran, pernikahan dini dan kemiskinan.

“Pengendalian jumlah penduduk ini bisa dilakukan dengan mengatur jarak melahirkan dan mengikuti program KB,” ujarnya.

Sekretaris Perwakilan BKKBN Sumut, Yusrizal Batubara, SSos menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang pentingnya progran kependudukan, KB dan pembangunan keluarga.

“Salah satunya melalui advokasi dan KIE atau Komunikasi Informasi dan Edukasi,” ucap Yusrizal Batubara.

Advokasi dan KIE yang dilakukan secara intensif dan terarah serta tepat sasaran merupakan salah satu kegiatan kunci mengubah sikap, perilaku dan sistem nilai. Informasi selalu dibutuhkan dan erat hubungannya dengan pelaksanaan program KB di tengah-tengah masyarakat.

“Pemerintah juga telah menetapkan beberapa indikator, seperti penurunan angka kelahiran total (total fertility rate/TFR) dari 2,6 menjadi 2,28 anak per wanita, meningkatkan pemakaian alat/obat kontrasepsi dan menurunkan kebutuhan ber-KB yang tidak terlayani dari 11,4 persen menjadi 9,91 persen,” tambahnya.

Sasaran tersebut, sambungnya, tidak mungkin akan tercapai jika hanya mengandalkan BKKBN. Tetapi perlu dukungan dari dinas-dinas lain, TNI/Polri, dunia pendidikan, dunia usaha, tokoh budaya, tokoh agama, tokoh perempuan, pemerintah desa, LSM, media massa dan pihak-pihak lainnya. (rel/osi)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close