Berita

Toba Caldera World Musik Festival Dongkrak Wisata di Tobasa

TOBASA, FaseBerita.ID – Berbagai moment kegiatan dilakukan untuk mendongkrak Pariwisata di Kawasan Danau Toba. Seperti halnya dengan kegiatan Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) yang dilaksanakan di Bukit Singgolom Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir dimulai dari Jumat tanggal 14 Juni hingga Minggu 16 Juni 2019.

Bupati Toba Samosir Darwin Siagian pada saat jumpa pers menjelaskan bahwa acara festival tersebut merupakan yang kedua kalinya di Tobasa. Pertama digelar di gedung TB Silalahi Center. Dan untuk tahun ini, kegiatan Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) 2019 digelar serta diikuti oleh empat negara yakni Indonesia sebagai tuan rumah, Meksiko, Malaysia dan China.

“Ada empat kelompok musisi dari Universitas dalam negeri mengikuti pagelaran ini yakni musisi dari Unimed, Universitas Negeri Padang, Universitas Sumatera Utara dan juga musisi Universitas Nomensen. Selain musisi dari universitas, juga dimeriahkan oleh musisi-musisi yang telah mendunia seperti kelompok Musisi Swara Musik Sama dan Kelompok Musisi Mataniari. Serta sebelas kelompok musisi Nasional,” jelas Bupati.

Bupati juga menuturkan bahwa kegiatan seperti ini akan tetap berlanjut dan dilaksanakan pada setiap tahunnya dan akan digelar lebih besar lagi.

Selanjutnya Direktur Pemasaran Badan Otorita Danau Toba (BODT) Basar Simanjuntak menyampaikan TCWMF tersebut merupakan salah satu dari 17 kelender of event di kawasan Danau Toba.

“Ada dua kelender of event dilaksanakan di Kabupaten Toba Samosir pertama TCWMF, kedua Festival Karnaval Pesona Danau Toba. Dari 17 kelender of event tahun 2019 ini sudah tiga event diadakan pertama diadakan bersama masyarakat Simalungun Kabupaten Simalungun dengan acara pesta adat Sihaporas, kedua pertunjukan Sigale-gale dengan Pemkab Samosir dan yang ketiga Toba Caldera World Music Festival di Kabupaten Toba Samosir ini,” terangnya.

Untuk Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) ini adalah hasil daripada inisiatif Kelompok Musisi Swara Musik Sama yang dipimpin oleh Irwansyah Harahap dan Rita mereka adalah dosen dan praktisi dan pemilik komunitas World Musik. (os)

Unefa

Pascasarjana

Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close