Berita

TNI-Polri Asahan dan Tanjungbalai Gelar Apel dan Doa Bersama Jelang Pelantikan Presiden RI

ASAHAN, FaseBerita.ID – Jelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, TNI-POLRI bersama dengan Pemkab Asahan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengadakan doa bersama dan apel gelar pasukan di lapangan Adhi Pradana Kisaran, Minggu (20/10/2019).

Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu menyampaikan dalam sambutannya bahwa apel gelar pasukan yang dilaksanakan pada hari ini bertujuan untuk mengamankan pelantikan Presiden RI terpilih Periode 2019-2024 H Joko Widodo dan Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin.

Lebih lanjut Faisal mengatakan, apel gelar pasukan selain untuk melihat kekuatan dari personel yang digunakan juga dalam pengamanan di lapangan ketika ada kendala dapat diatasi sesuai dengan prosedur yang ada.

“Apel gelar pasukan bersama hari ini sengaja kita gelar agar terjalin komunikasi, solidaritas dan integritas bersama,” tuturnya.

Selanjutnya Kapolres Asahan dalam sambutannya mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati hati dalam menggunakan media sosial, apalagi menjelang Pilkada Kabupaten Asahan tahun 2020.

“Kalau dulu ada istilah mulutmu harimaumu, tapi sekarang jarimu harimaumu” ungkap Kapolres.

Faisal mengingatkan kalau itu sampai terjadi pihaknya tidak akan segan untuk bertindak secara tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Ini penting saya ingatkan agar situasi di Kabupaten Asahan dapat berjalan kondusif pada saat pelaksanaan perhelatan pemilihan bupati nantinya, Jangan menggunakan media sosial untuk membuat kegaduhan apalagi mengarah pada propikasi, sekali lagi berhati hatilah,” pungkas Kapolres Asahan.

Sementara itu Bupati Asahan H Surya BSc dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Kabupaten Asahan mendukung penuh kegiatan doa bersama dan apel gelar pasukan yang dilaksanakan.

“Sukses atau tidaknya perhelatan demokrasi ini sangat tergantung pada semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung. Tidak hanya anggota partai politik dan masyarakat yang dituntut untuk taat dan patuh pada ketentuan yang ada. Akan tetapi juga pihak penyelenggara Pemilu yaitu KPU, Bawaslu, dan DKPP wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang obyektif dan transparan, tidak ketinggalan tentunya fungsi dan peran TNI-POLRI yang berada di luar lingkup penyelenggara Pemilu,” katanya.

Mengakhiri sambutannya Bupati Asahan menyampaikan harapannya semoga acara yang dilaksanakan pada hari ini dapat berjalan lancar dan tertib. “Mari kita selesaikan kendala yang ada dengan sebaik baiknya dengan menggunakan mekanisme hukum yang sudah disediakan demi kemajuan bangsa dan Negara tunjukkan kepada dunia bahwa kita adalah bangsa yang beradab,”ucapnya mengakhiri.

Patroli Keliling Tanjungbalai

Hal yang sama digelar di Polres Tanjungbalai, melaksanakan patroli bersama menggunakan sepeda motor mengelilingi sejumlah kawasan di Kota Tanjungbalai.

Sebelum melaksanakan patroli, ratusan personel Polres Tanjungbalai yang dipimpin
Kasat Sabhara AKP Selamat Riyadi, Kasat Lantas AKP P. Butar Butar SH, Kanit Patroli, KBO Sat Sabahra menggelar apel gabungan dengan TNI AD dan TNI AL di Lapangan Polres Tanjungbalai, Sabtu (19/10/2019).

Adapun route patroli yang dilalui yakni Jalan Jendral Sudirman – Sei Dua – Bundran PLN – Jalan Singosari Pancakarsa – Jalan Husni Tamrin – Jalan RA Kartini – Jalan Jendral Sudirman – Jalan Alteri – Jalan DI Panjaitan Padar Baru – Jalan Lingkar Selatan Sei Raja – Jalan Lingkar Selatan Teluk Nibung – Simp Pematangasir – Jalan Yos Sudarso-Simp Menara Lima – Jalan Letjen Suprapto-Jembatan Sei Silu – Jalan Gereja – Jalan SM Raja Arah Bank Mega – Jalan Ashaan – Jalan Imam Bonjol – Jalan Teuku Umar – Jalan Sutono – Jalan Jendral Sudirman, kemudian Kembali ke Polres Tanjung Balai.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH mengatakan apel gabungan dan patroli bersama TNI Polri adalah dalam rangka memberikan kenyamanan Menjelang Pelantikan Presiden RI dan Wakil Presiden RI.

“Selama pelaksanaan operasi pengamanan, TNI dan Polri melakukan pendekatan kepada masyarakat sampai langkah-langkah yang bersifat hadir di tengah masyarakat. Kepada masyarakat juga diharapkan jangan khawatir karena TNI-Polri akan selalu berada di tengah masyarakat menjaga keamanan Kota Tanjungbalai,” kata Kapolres AKBP Putu Yudha.

Kapolres juga mengimbau untuk masyarakat lainnya agar melaksanakan aktivitas dengan positif jangan coba-coba untuk melakukan gangguan-gangguan tindakan anarkis.

“TNI-Polri bekerja untuk menjaga keamanan masyarakat. Kalau kita menghadapi teror, kita jangan takut. Kalau kita takut malah justru itu yang dia inginkan. Jadi kita jangan pernah takut, tapi kita tetap waspada,” tegasnya. (per/ck4/rah)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker