Berita

TNI AL Ibadah dan Tebar Benih Ikan di Danau Toba

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I Belawan melaksanakan pembinaan ketahanan wilayah di Kawasan Danau Toba Tigaras, Kabupaten Simalungun.

Kegiatan ini di pusatkan di Pelabuhan Tigaras, Nagori Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, sejak Kamis (19/9/2019) sampai Jumat 20 September 2019.

Pelaksanaan pembinaan ketahanan wilayah (Bintahwil) oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan, ini dalam rangka menyambut HUT ke-74 TNI.

Perairan Danau Toba Tigaras merupakan objek wisata sekaligus pelabuhan penyeberangan menuju pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir.

Pasca tragedi tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di perairan Danau Toba Tigaras, 18 Juni 2018 silam, wilayah ini mulai sepi dikunjungi wisatawan maupun pengunjung yang melakukan penyeberangan ke Pulau Samosir.

Dengan pelaksanaan Bintahwil Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan I Belawan ini, diupayakan untuk menggalakkan kembali pariwisata di Tigaras.

Bersama musisi legendaris Batak, Jack Marpaung, Yonmarhanlan I Belawan dan warga setempat mengawali kegiatan Bintahwil dengan kebaktian bersama.

Dalam kebaktian yang dipimpin oleh Pdt Edison Panjaitan, turut mendoakan para keluarga korban KM Sinar Bangun dan menyemangati warga Tigaras.

Acara dilanjutkan dengan penebaran bibit ikan di perairan Danau Toba Tigaras yang diawali oleh Komandan Yonmarharlan I Belawan, Letkol Marinir James Munthe dan Jack Marpaung.

Kemudian Kemenhub Korsatpel Simanindo yang diwakili Ilham Batubara, tokoh Agama, Pangulu Tigaras, dan tokoh masyarakat serta Perwakilan Polsek setempat yang turut menabur bibit ikan.

Puncak acara Bintahwil, personil TNI AL Yonmarhanlan I Belawan akan menggelar aksi berenang dan mendayung dari pelabuhan Tigaras ke Pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir. Jarak sekitar 10 Kilometer akan ditempuh, untuk menunjukkan bahwa perairan Danau Toba, aman bagi wisatawan yang hendak menyeberang dan berlibur.

Tentu kegiatan ini mendapat respon dari Pangulu Tigaras, Mika Jaya Sitio. Dia menyambut baik kegiatan Bintahwil Lantamal I Belawan di Nagori Tigaras.

“Kegiatan ini sangat membantu memulihkan pariwisata di Tigaras, pasca tragedi KM. Sinar Bangun. Dan selama ini kita sudah berupaya semaksimal mungkin menggalakkan pariwisata di Tigaras,” kata dia.

Dia berharap kegiatan ini dapat mengembalikan semangat pariwisata lokal di Tigaras. Selain itu, Mika juga mengapresiasi kegiatan itu sebagai daya tarik pengunjung ke Tigaras. (rel)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker