Berita

TKSK Tidak Dilibatkan dalam Pembentukan Kube, Semua Dikendalikan Tersangka

SIANTAR, FaseBerita.ID – Ketua Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kota Pematangsiantar Armansyah Nasution menyampaikan tentang Bantuan Kelompok Usaha Bersama (Kube) dari Kementerian Sosial, seluruhnya dikendalikan oleh Chasil Pelawi yang saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi oleh Polres Pematangsiantar.

Saat diwawancarai, Rabu (10/7/2019), Armansyah menjelaskan, TKSK selaku bawahan dari Kementerian Sosial yang bertugas di setiap kecamatan mendapat surat dari kementerian agar dibentuk Kube di Kota Siantar pada tahun 2014.

Setelah Kube dibentuk, maka Kementerian Sosial akan menyerahkan bantuan modal usaha kepada Kube tersebut sebesar Rp20 juta per Kube.

“Setelah kami bentuk Kube dan nama-namanya kami susun, maka berkas nama-nama itu kami sampaikan kepada Kadis. Hanya itu tugas kami saat itu,” kata Armansyah.

Tapi berjalannya waktu, ternyata nama-nama yang mereka usulkan berganti dan diduga yang mengganti nama-nama tersebut adalah Pelawi yang saat itu sebagai Kepala Bidang di Dinas Sosial.

“Setelah itu TKSK tidak tau lagi bagaimana kelanjutannya, sebab kami juga tidak diberi kewenangan untuk memverifikasi nama-nama yang diganti itu. Karena dalam aturannya, yang berhak mendapat Kube adalah masyarakat yang memiliki KPS atau kartu Pra Sejahtera. (warga miskin),” terang Armansyah.

“Waktu itu, nama-nama yang kami usulkan itu adalah warga yang sudah memiliki KPS. Setelah diganti namanya kami tidak tau lagi apakah mereka memiliki KPS atau tidak,” tambah Armansyah.

“Pada tahun 2014, ada 40 Kube yang menerima bantuan dari Kementerian Sosial. Dan pencairannya kami tidak tau, dan apakah uang itu disalurkan kami juga tidak tau karena kami tidak lagi dilibatkan,” terang Armansyah.

Informasi dihimpun, penyaluran dana Kube ditransfer langsung oleh Kementerian Sosial kepada rekening kelompok Kube ini. Namun, pada saat pencairan, Chasil Pelawi diduga meminta bagian hampir 50 persen dari setiap kelompok.

Sejak tahun 2016 lalu, Kementerian Sosial telah menyetop bantuan ke Kota Pematangsiantar untuk program bantuan Kube.

Baca juga: Diduga Terlibat Kasus Korupsi, Pensiunan PNS Dinas Sosial Ditahan

Sejumlah warga yang pernah terdaftar namanya sebagai penerima Kube ini telah dimintai keterangannya oleh polisi.

Dan pada tanggal 6 Juli 2019 kemarin, Chasil Pelawi telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Polres Pematangsiantar atas kasus tindak pidana korupsi.

Kanit Tipikor Polres Pematangsiantar Iptu Bangun mengatakan bahwa kasusnya masih dalam penyidikan.

“Untuk sementara masih dia sebagai tersangka,” ujarnya. (pra/des)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close