Berita

TKI Baru Tiba dari Malaysia Dikarantina di Rumah Masing-masing

FaseBerita.ID – Tim Gugus Tugas Covid-19 terus bekerja melakukan pemantauan dalam rangka menekan penyebaran virus corona yang sedang mewabah. Salah satunya tim yang di ketuai oleh Bupati Asahan H Surya ini melakukan pemeriksanaan kepada TKI asal Kabupaten Asahan yang pulang dari Malaysia.

Karena situasi Malaysia saat ini lock down dan perpanjangan izin tinggal mereka habis, puluhan TKI yang sebelumnya mengadu rejeki di Negara Jiran ini memutuskan pulang lebih awal karena mereka sudah tidak bisa lagi bekerja.

“Sebelumnya mereka ini datang menggunakan kapal motor mesin dari pelabuhan di Panton Bagan Asahan. Kita langsung tempatkan mereka di ruang karantina sementara, di data dan diberikan himbauan setelah melakukan pemeriksaan kesehatan,” kata Rahmad Hidayat Siregar, kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan kepada wartawan, Senin (6/4).

Setelah diperiksa kesehatan dan suhu tubunya dinyatakan mereka seluruhnya bersih dan sehat dari indikasi virus. Sebanyak 10 orang TKI tersebut kemudian didata dan dilakukan sebagai salah satu upaya untuk melindungi masyarakat dari penyebaran virus yang saat ini cukup membahayakan umat manusia.

Baca juga: 20 TKI dari Malaysia Diamankan Pulang dari Jalur Ilegal di Perairan Asahan

“Memang hingga saat ini tidak ada masyarakat Kabupaten Asahan yang positif terjangkit corona, namun kita harus tetap waspada dengan lakukan antisipasi terhadap hal-hal yang dapat menyebabkan masyarakat tertular virus corona,” ujar Hidayat.

Dirinya juga jelaskan bahwa 10 TKI yang pulang ke kampung halaman ini sudah melakukan pemeriksaan sebanyak 5 kali saat hendak menuju ke Kisaran. Nantinya setelah mereka sampai dirumah diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas terdekat dari kediamannya.

Baca juga: Bersama Cegah Covid19, TKI Pulang dari Malaysia Diperiksa

“Untuk menjamin kesehatan, saya minta kepada 10 TKI ini untuk tetap memeriksakan kesehatannya di puskesmas terdekat,” ujarnya lagi.

Setelah memastikan kondisi TKI ini aman, mereka kemudian diantarkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja ke rumah masing masing.

Sementara itu di tempat yang sama  Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto dalam arahannya menyampaikan kepada 10 TKI yang baru tiba untuk melakukan karantina mandiri dirumah masing masing dengan tetap mendapat pengawasan dari tim Puskesmas. (per)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker