Berita

Tingkatkan Minat Literas Kelas SMP N 3 Kisaran Disediakan Pojok Baca

FaseBerita.ID – SMP Negeri 3 Kisaran yang terletak di Jalan Madong Lubis Kelurahan Selawan Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, membangun Pojok Baca ruang belajar dengan tujuan memotivasi siswa untuk senang membaca.

Siswa-siswa SMP Negeri 3 Kisaran sekarang dibiasakan membaca buku 15 menit sebelum memulai pembelajaran di kelas. Buku-buku yang dibaca beraneka ragam jenisnya, ada buku fiksi dan non fiksi.

Guru Pembimbing Eskul Aku Cinta Bahasa Indonesia (ACBI) Isnaini SPd menjelaskan, semenjak tahun 2004 masa kepemimpinan Malanton Lahade Hasibuan MSi, SMPN 3 Kisaran mulai mengaktifkan kegiatan Eskul diantaranya kegiatan Kelompok Pecinta Bahasa Indonesia, dan Kelompok Pecinta Bahasa Inggris.

Dijelaska ibu yang juga menjabat kepala Perpustakaan ini, agenda runtin tiap pagi Rabu dan Kamis diadakan kegiatan penampilan siswa seperti pembacaan puisi, dan mendongeng. Hal itu dilakukan menumbuhkan cinta literasi Bahasa Indonesia bagi Siswa SMPN 3 Kisaran. Siswa diberikan motivasi untuk banyak membaca jenis-jenis puisi, buku dongeng dan pantun-pantun.

“Alhamdullilah SMP N 3 Kisaran selalu mendapat juara di setiap perlombaan yang diadakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Asahan. Jadi, pojok baca di setiap kelas itu dibuat untuk siswa agar senang membaca sehingga bisa hafal semua jenis puisi,cerita dogeng dan pantun-pantun,” katanya.

Di pojok baca, lanjutnya, ada beberapa rak buku yang disusun dan diberi catalog buku, ada rak buku referensi pelajaran yang berisi makalah proyek-proyek pembelajaran siswa dan buku paket. Selanjutnya ada rak buku berisi buku fisksi seperti dogeng, legenda dan komik-komik kartun dan rak terakhir berisikan buku non fiksi seperti buku pengetahuan dan Eksplodia.

“Kita masih kekurangan buku yang bagus untuk siswa. Kalau hanya mengharapkan Dana BOS. Makanya saya punya program untuk buat Arisan Buku untuk siswa jadi siswa diminta partisipasinya sebesar 500 rupiah dan kalau sudah terkumpul semua, maka dibeli lah buku-buku yang bagus itu. Kami juga ada program buat teras perpustakaan, jadi nanti sekolah akan siapkan satu tempat yang cantik di teras perputakaan dan dibuat senyaman mungkin tempatnya untuk tempat baca para siswa,” tambahnya.

Dan hampir setiap hari seluruh siswa dijadikan pustakawan di sekolah sebanyak 2 orang dengan tujuan mereka bisa baca buku sepuas-puasnya. Tugas mereka bukan hanya menerima dan meminjamkan buku saja di perpustakaan, tetapi tidak menganggu aktivitas belajar mereka. (*8/rel)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button