Berita

Timbul Lingga: Keputusan Final Hasil Rapat Banggar

Terkait Biaya Perjalanan Dinas Kepala Daerah Rp2,1 M

SIANTAR, FaseBerita.ID – Pandangan DPRD terkait biaya perjalanan dinas kepala daerah yang menelan biaya Rp2,1 miliar lebih dalam belanja Bagian Umum Sekretariatan Daerah dalam Rapat Kerja Anggaran R-APBD 2020 dengan Sekretariatan Daerah di Komisi I DPRD Siantar.

Ketua DPRD Kota Pematangsiantar Timbul Marganda Lingga, Selasa (19/11/2019) mengatakan, pihaknya belum bisa memutuskan.

“Terkait perjalanan dinas itukan di Sekretariat Daerah. Akan kita pertanyakan berapa orang, berapa asisten dan bagian-bagiannya. Secara selektif kita akan tanyakan dan bahas di rapat Badan Anggaran (BANGGAR),” ujarnya.

Hasil rapat Komisi I dengan Sekretariat Daerah banyaknya anggaran yang dipangkas dan anggaran yang dianggap pemborosan, Timbul mengatakan akan melihat saran dan pendapat dari Badan Anggaran.

“Iya kita lihatlah nanti saran dan pendapat Badan Anggaran yang artinya kita tidak bisa batasi usulan-usulan mereka. Kita lihat nanti kemampuan Anggaran daerah apakah efesien, efektif dan ekonomis,” ujarnya.

Saat disinggung apakah DAK sudah masuk dan berapa dana yang masuk, Timbul mengatakan kalau DAK sebagian sudah masuk. Hal itu berdasarkan informasi dari salah satu Kepala UPT yang sedang berada di pusat.

“Untuk DAK yang masuk fisik dan nonfisik totalnya sekitar Rp113 miliar,” ujarnya.

Lingga menambahkan, untuk pembagiannya dana Rp113 miliar itu sudah tergolong ke belanja langsung dan tidak langsung.

“Belanja tidak langsung dari DAK itu belanja pegawai untuk honorer guru, tunjangan ke profesi guru senilai Rp58 miliar. Sampai saat ini belum lagi yang sedang dibicarakan di Jakarta sekitar Rp113 miliar DAK fisik dan non fisik maupun DAK penugasan,” terangnya.

Saat ditanya untuk alokasi DAK fisik ada belanja modal atau barang dan jasa berapa persentasenya? “Persentase nya masih belum karena masih di bahas,” jawab Timbul.

Terpisah, mengenai hasil rapat di Komisi II dengan perusahaan Daerah di kota Pematangsiantar untuk anggaran akan ditiadakan, Timbul belum bisa menjelaskannya secara detail.

“Kita lihatlah nanti dinamika rapatnya. Kalau saya sendiri berpendapat tidak bisa. Tetapnya hasil rapat nanti finalnya,” tegasnya. (Mag 04)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close