Berita

Tiga Maling Toko Pasar Tarutung Diringkus: Satu Dijemput dari Pekanbaru

FaseBerita.ID – Tiga tersangka kasus pencurian di toko milik Harapan Simorangkir di sekitaran Pasar Tarutung pada Sabtu (18/6) lalu akhirnya diringkus polisi.

Hal itu setelah personel Polres Taput menerima pengaduan dari korban dan tim dari Satreskrim Polres Taput yang dipimpin Kanit Pidum Aiptu H Matondang melakukan olah TKP. Dari hasil olah TKP dan penyelidikan, polisi berhasil mengungkap dan menangkap pelakunya.

Kapolres Taput AKBP Jonner MH Samosir SIK melalui Kasubbag Humas Polres Taput Aiptu Walpon Baringbing membenarkan keberhasil personel Satreskrim menangkap pelaku pencurian toko tersebut.

Menurutnya, tersangka yang ditangkap pertamakali, yaitu CZ (24) warga Jalan Ferdinand Lumban Tobing Kecamatan Tarutung. CZ ditangkap pada Kamis (30/7) lalu dari kediamannya. “Hasil pengembangan dari tersangka CZ, kita mendapat keterangan bahwa masih ada dua lagi pelaku lain yakni JS (26) warga Simaungmaung Pea Tarutung dan LL (28) warga Jalan Raja Saul Tarutung,” sebut Baringbing.

Kemudian tim mencari keberadaan kedua tersangka tersebut. Dari hasil penyelidikan dan pengumpulan informasi, diketahui keberadaan tersangka JS di Pekanbaru. Atas informasi tersebut dilakukankoordinasi dengan polres setempat di Pekanbaru.

Sementara pada Minggu (2/8) Tim Opsnal berangkat ke Pekanbaru dan pada hari Senin (3/8) tersangka berhasil ditangkap bersama dengan Resmob Pekanbaru.

Setelah berhasil ditangkap, lalu tim membawa tersangka ke Taput dan dilakukan pemeriksaan. “Dari hasil pemeriksaan tersangka JS, didapat perkembangan bahwa LL terlibat dan masih berada di Tarutung. Dan anggota kita bergerak dan berhasil mengamankan tersangka LL dari kediamannya di Tarutung,” terangnya.

Lanjut Baringbing, ketiga tersangka mengakui bahwa mereka bersama-sama melakukan pencurian dari toko milik HS, Sabtu (18/6) sekira pukul 04.00 WIB. Saat tersangka melakukan pembongkaran toko tersebut, pemilik tidak ada di toko. Mereka masuk dengan mencongkel jendela lalu masuk ke dalam dan mengambil barang berupa 2 (unit ) Lous speaker merk Sharp, uang tunai Rp1.450.000 dan tiga buah tabung gas 3 kg.

“Mereka menjual barang curian kepada RP yang juga warga Tarutung. Saat ini kita masih mengejar RP dimana keberadaan nya sudah tidak di tempatnya lagi,” jelasnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, ketiga tersangka telah ditahan di RT Polres Taput guna kepentingan penyidikan. (as)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button