Berita

Tiga Dosen Universitas Asahan Lulus Program Magang Kemendikbud

KISARAN, FaseBerita.ID– Sebanyak tiga dosen Universitas Asahan (UNA) berhasil lolos dalam program magang yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Tahun 2020.

Adapun peserta magang yang berhasil diantaranya Elfira Rahmadani MPd (PT Pembina IPB) dan Anim, SSi MPd (PT Pembina UM), serta satu peserta cadangan program yakni Ely Syafitri SPd MPd (PT Pembina ITB).
Pengumuman ini diberitahukan melalui surat pemberitahuan nomor 2034/E4/PG/2020 tertanggal 10 Juli 2020.

Rektor UNA Prof Dr Ibnu Hajar MSi mengapresiasi keberhasilan para dosen yang telah lolos dalam program magang. Dari 200 orang peserta yang lolos program magang dan 21 peserta yang menjadi cadangan, mereka berhasil menjadi salah satunya. Hal ini jelas adalah kebanggaan sendiri bagi UNA.

“Alhamdulillah, tahun ini ada tiga dosen muda kita yang lolos seleksi untuk mengikuti magang dosen Kemendikbud Tahun 2020, selama sekitar empat bulan di universitas pembina”, ujarnya saat berbincang bersama wartawan, Sabtu (5/9).

Ibnu berharap, mereka nantinya bisa berkolaborasi dengan dosen-dosen di sana dan menjajaki kerja sama di bidang Tridharma, terutama untuk implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program magang dosen diselenggarakan untuk tujuan memperluas wawasan pengetahuan Dosen muda terkait dengan pelaksanaan dan penyelenggaraan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu untuk memberikan pengalaman kepada dosen muda agar mengenal secara langsung manajemen perguruan tinggi dan kerjasama dengan mitranya. Dalam program tersebut setiap dosen yang mengikuti kegiatan akan dibekali dengan kualifikasi dan kompetensi yang memadai.

“Program ini bak gayung bersambut di tengah gencarnya kita menjalin kerja sama baik dengan sesama perguruan tinggi, Kementerian/Lembaga, BUMN maupun SKPD-SKPD di daerah, guna implementasi pemagangan mahasiswa,” tambahnya.

Program tersebut diikuti oleh beberapa dosen dari beberapa Universitas di Indonesia dan dilakukan seleksi di tingkat Kementerian. Lolosnya tiga Dosen tersebut menujukkan bahwa UNA mampu bersaing dengan Universitas-Universitas lainnya.

Ketua Yayasan UNA Drs Mapilindo MPd memberikan apresiasi kepada tiga dosen terpilih. Beliau berharap program magang dosen tahun 2020 dapat memberikan pembekalan yang memadai kepada tiga dosen terpilih sehingga mampu memberikan kontribusi yang cukup untuk memajukan UNA di tahun-tahun berikutnya.

Mapilindo berharap, melalui program ini para dosen dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkannya ke UNA. Ia juga berpesan agar dosen-dosen yang lain dapat tetap semangat dalam menambah wawasan ketika ada banyak peluang untuk belajar.(per/esa)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button