Berita

Tiba di Medan, Jamaah Haji Tertua Simalungun Meninggal

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID -Jamaah haji asal Kabupaten Simalungun, Muhammad Mudakir bin Dullah Kana, warga Kecamatan Dolok Batu Nanggar, meninggal dunia usai saat baru tiba di Medan dari Tanah Suci Makkah, Selasa (3/9/2019) dini hari. Mudakir yang berusia 90 tahun lebih meninggal dunia di Rumah Sakit Haji Medan.

Kepala Rombongan (Karom) 4, H Mariono, mengatakan, saat berangkat dari Tanah Suci Mudakir dalam kondisi sehat. Namun di tengah perjalanan menuju tanah air, kesehatannya menurun.

Setiba di Bandara Internasional Kualanamu Deliderdang sekira pukul 00.30 WIB, Mudakir dibawa ke Rumah Sakit Haji Medan. Namun sekitar pukul 01.10 WIB ia menghembuskan nafas terakhir.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Simalungun, H Amrisyam Simamora menyebutkan, Mudakir tercatat pada manifes 133, berusia 90 tahun lebih, dan tercatat jamaah tertua dari Kabupaten Simalungun.

Sementara itu, jamaah haji Simalungun lainnya tiba di Masjid Assyuhada Korem 022/PT sekitar pukul 07.30 WIB. Wakil Bupati Simalungun H Amran Sinaga, Kakan Kemenag H Sakoanda Siregar, tim kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan panitia dengan pengawalan dari kepolisian menyambut kedatangan rombongan dari Asrama Haji Medan.

Turut hadir dalam penyambutan jamaah haji, Kapolres Simalungun AKBP M Liberty Panjaitan, Dandenpom LetKol CPM Muchamad Choirun, Kakanmenag Simalungun S Siregar, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Simalungun.

Sedangkan 147 jamaah haji Pematangsiantar tiba di Masjid Raya sekira pukul 07.00 WIB. Sejak pukul 06.00 WIB, keluarga para jamaah haji telah menunggu. Begitu rombongan tiba, langsung disambut tangis bahagia dan pelukan hangat sanak saudara dan keluarga.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kota Pematangsiantar Hj Ratnawati Nasution dalam sambutannya menyampaikan, rombongan jamaah berangkat 23 Juli 2019 berjumlah 149 orang. Sebanyak 48 laki-laki dan 99 perempuan. Kini, semua telah kembali ke tanah air.

Ratnawati mengucapkan terima kasih kepada Walikota Pematangsiantar atas semua dukungan yang telah diberikan kepada para jamaah haji, sejak awal keberangkatan hingga kembali ke tanah air.

“Semoga ibadah para jamaah haji dapat membawa kebaiikan, dan berkah di dalam keluarga masing-masing,” katanya.

Salah seorang keluarga jamaah haji, Dewi mengaku sangat senang dan bersyukur kepada Allah. Apalagi, seluruh jamaah haji kembali dengan sehat. (mag-03)

iklan usi



Back to top button