Berita

Tes Urine Mendadak ASN Asahan Kaget

FaseBerita.ID – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan dikumpulkan secara mendadak di aula Melati Kantor Bupati Asahan. Mayoritas dari mereka tidak tahu apa sebab berkumpul. Setelah di ruangan aula bersiap petugas dari Badan Narkotika Nasional (BNN), barulah mereka ngeh akan ada pemeriksaan urine untuk mereka.

“Kalau pemeriksanaan ini ada sekitar 500 lebih ASN yang diambil urinenya,” kata Sori Muda, Kepala Kesatuan Bangsa (Kesbang) Asahan kepada wartawan, Kamis (19/12), di sela sela kegiatan.

Sori Muda menyebutkan, pemeriksan urine dilakukan di kantor bupati dan diawasi langsung oleh pihak BNNK Asahan, Pol PP dan Kesbang. Hal ini dimaksudkan agar seluruh ASN dapat diperiksa dan diketahui bebas narkoba.

Terkait masih banyak lagi ASN yang belum diperiksa, Sori Muda menyebutkan, Pemkab Asahan akan menagendakan periksaan narkoba setiap tahun kepada seluruh ASN. “Kita akan lakukan bertahap secara mendadak, sehingga kedepan semua ASN bisa diperiksa,” ucap Sorimuda.

Bila nantinya ada ASN terindikasi pengguna narkoba, ASN tersebut akan diberikan tindakan tegas. Pemeriksaan ini terkait komitmen Pemkab Asahan dalam rangka memastikan seluruh aparaturnya bersih dari narkoba.

“Kita akan laporkan hasilnya kepada pimpinan. Dan tentunya bila ada yang positif akan diberi tindakan tegas.Ke depan, ASN Asahan harus bebas dari narkoba,” ucap Sorimuda.

Kepala BNNK Asahan Kompol B Sitompul mengapresiasi Pemkab Asahan yang telah melakukan tes urine narkoba kepada ASN. Hal ini dilakukan berdasarkan perturan, agar ASN terbebas dari narkoba dan bisa paham tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Selain tes urin, sebelumnya kita berikan sosialisasi bahaya narkoba,” ucap Sitompul sembari mengatakan hasil dari tes urine ini akan diserahkan langsung kepada Pemkab Asahan sebagai laporan. (per/rah)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button