Berita

Teruslah Bergerak dan Berkarya Utamakan Hati Nurani

FaseBerita.ID – Keluarga besar Kejaksaan Negeri Simalungun merayakan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60 di Aula Kejaksaan Jalan Asahan, Rabu (22/7).

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, lagu mars Adhyaksa, kemudian Hening Cipta  dan Tri Krama Adhyaksa. Dengan tema ‘Teruslah bergerak dan berkarya, bertujuan agar kita bekerja secara optimal walau dalam hambatan apapun terlebih selama pandemi corona saat ini”.

“Kita harus pro aktif dan berkontribusi bagi kepentingan umum yang mencari keadilan hukum. Kita harus terus bergerak dan berkarya walau dalam situai krisis pandemi corona. Agar keselamatan hukum rakyat Indonesia terjamin. Pemulihan ekonomi adalah tantangan berat lainnya yang harus kita atasi bahu- membahu dengan pemerintah. Kita dengan Pemerintah harus memberikan sambutan yang harmonis untuk rakyat dan negara,” kata Kajari Simalungun Gloria Sinuhaji membacakan sambutan Jaksa Agung RI DR Burhanudin.

Burhanudin juga mengigatkan agar Kejaksaan bersikap netral terhadap setiap calon pada Pilkada serentak 2020.

“Jangan mendukung salah satu calon dan tidak melakukan kegiatan yang berpihak kepada calon tertentu. Kita harus senantiasa memakai hukum untuk setiap persoalan. Jaga integritas dan kejaksaan hukum bagi kepentingan rakyat dan negara. Saya butuh Jaksa yang professional dan berintegritas. Perluas wawasan kita. Penyelesaian perkara patut menimbang nilai-nilai kemanusiaan,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan Surat Edaran Kejaksaan tentang “Keadilan” dalam penuntutan perkara dan jagalah “trust public” dari rakyat Indonesia.

“Saya mengappresiasi kerja saudara yang sudah maksimal dalam tugas Kejaksaan yang bermuatan 245 satuan kerja. Jagalah kepercayaan masyarakat itu terus menerus. Saya mengambil sikap agar korps Kejaksaan senantiasa menanamkan kepercayaan kepada Kejaksaan. Rapatkan barisan dalam berkarya. Terapkan hukum seadil-adilnya untuk rakyat. Ikuti protokol kesehatan pandemi Corona. Sukseskan penanggulangan pandemi covid. Netralitas dalam pilkada, dan jaga citra dan professional,” terangnya.

“Selamat Hari Bhakti Adhyaksa, semoga Korps Kejaksaan terus bergerak dan  berkarya  secara maksimal,” tambahnya.

Setelah itu, Kajari Simalungun Gloria Sinuhaji kembali mengimbau jaksa agar mengutamakan hati nurani dalam menegakan hukum.

“Bergerak tetap berkarya. Utamakan hati nurani dalam menegakkan hukum. Kita harus bisa memberikan contoh yang baik sebagai pemimpin. Mari bekerja lebih baik lagi, agar Kejaksaan Simalungun dapat dipercaya oleh masyarakat. Tahun 2020 pesta rakyat, kita bertindak lebih profesional dan mendukung suksesnya pemilu,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada jaksa terbaik.

Kegiatan serupa juga dilakukan Kejaksaan Negeri Siantar.

Kajari Siantar Herrus Batubara juga mengimbau agar seluruh jaksa selalu bergerak dan tetap berkarya. (ros)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button