Berita

Terobosan Dunia Pendidikan Asahan Tahun 2020

FaseBerita.ID – Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan mengklaim pihaknya akan terus membantu mewujudkan program pemerintah dalam rangka menciptakan ‘Asahan Pintar’ dengan melakukan sejumlah terobosan pada bidang pendidikan di tahun 2020.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Drs Sofian MPd pada rapat kordinasi bersama kordinator kecamatan (Korcam) di jajaran Dinas Pendidikan, bersama dengan kordinator pengawas, dan satuan pendidik non formal sanggar kegiatan belajar dengan jumlah peserta mencapai 499 orang, Kamis (13/2).

Sopian merincikan, saat ini jumlah guru sekolah negeri di bawah binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan untuk guru PNS sebanyak 3.497 orang. Sedang guru non PNS yang terdiri dari guru honorer komite sebanyak 2.331 orang, dan untuk guru eks K2 sebanyak 95 orang dengan jumlah seluruhnya 5.923 guru.

Pada kesempatan itu diterangkan, Pemkab Asahan sudah melakukan peluncuran program semacam terbosan yang dapat mendongkrak visi-misi terbentuknya karakter masyarakat pelajar yang pintar, dengan bebagai kerjasama. Penyampaian itu dikemukakan langsung Bupati Asahan H Surya.

“Upaya untuk memajukan dunia pendidikan terus kita lakukan dengan menjalin kerjasama melalui beberapa pihak khususnya pada bidang pendidikan” ujar Surya.

Beberapa hal terkait peningkatan kualitas mutu pendidikkan dan guru yang ada di Kabupaten Asahan, telah dilakukannya kerjasama (MoU) dengan pihak Tanoto Foundation dalam mewujudkan program “Pintar”.

Dimana program ini adalah merupakan salah satu program pengembangan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dengan membentuk 24 sekolah model tingkat SD/MI dan SMP/MTs.

Kemudian, kerjasama dengan Yayasan Literasi Indonesia untuk program peningkatan literasi di sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah pada 12 sekolah yang berada di Kecamatan Air Joman, dan Kecamatan Silau Laut.

Selanjutnya, pada bulan Januari 2020, Pemkab Asahan telah melakukan MoU atau kerjasama dengan Putra Sampoerna Foundation (PSF) untuk program bantuan pendidikan beasiswa gratis penuh bagi para siswa SLTA, untuk dapat kuliah di Arizona University Amerika pada Kampus Indonesia Sampoerna University.

Selain itu, adapula kerjasama Program Teacher Learning Centre atau Pusat Belajar Guru. Dimana, tujuannya adalah untuk memberikan pendidikan dan pelatihan khusus kepada para guru agar dapat berinovasi melalui pengembangan metode pembelajaran yang lebih baik dan kreatif.

“Intinya, kita akan terus berupaya mencari peluang-peluang dari berbagai pihak untuk  dapat mendukung kita dalam upaya meningkatkan SDM  maupun mutu pendidikan di Asahan yang kita cintai ini,” ucapnya. (per/sr)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker