Berita

Terminal Horas Tanjung Pinggir Direvitalisasi Tahun 2021

SIANTAR, FaseBerita.ID– Terminal Tanjung Pinggir Kota Pematangsiantar direncanakan dibangun kembali atau direvitalisasi pada tahun 2021. Alasannya adalah, kondisi bangunan yang saat ini sudah rusak dan perlu penambahan fasilitas.

Informasi ini disampaikan Umar Aris selaku Staf Bidang Hukum, Reformasi dan Birokrasi Menteri Perhubungan saat melakukan peninjauan Terminal Tanjung Pinggir Kota Pematangsiantar pada Rabu (9/9) sore.

Didampingi Kepala BPTD LL Provinsi Sumatara Utgara Putu Sumar Jaya dan Jumanter  selaku Korsatpel Terminal Tipe A Tanjung Pinggir, Umar Aris menyebutkan bahwa kondisi terminal Tanjung Pinggir sudah bagus penataannya, hanya perlu dibangun kembali atau direvitalisasi karena gedung yang sekarang sudah banyak yang rusak.

Suasana Terminal Tanjung  Pinggir Kota Siantar menurut Umar Yani sangat sejuk dan nyaman dan yang paling penting di terminal menurutnya adalah keamanan dan kenyamanan.

“Saya langsung melihat kondisi terminal ini sudah terurus dengan baik.  Armada juga terlihat banyak keluar masuk dan fasilitas juga sudah cukup memadai. Tidak seperti terminal di beberapa daerah yang sudah tinggal kenangan,” jelasnya.

Umar Yani juga memberikan pesan kepada jajarannya agar mengurus terminal dengan baik, supaya masyarakat merasakan pelayanan yang baik. Termasuk juga mensosialiasikan kepada masyarakat dan pengusaha angkutan agar fungsi terminal semakin maksimal.

Setelah melihat langsung kondisi di terminal, seperti fasilitas untuk penumpang dan pelayanan armada, rombongan Umar Yani kemudian meninggalkan lokasi.

Saat diwawancarai, Jumanter  selaku Korsatpel Terminal Tipe A Tanjung Pinggir Kota Pematangsiantar mengatakan bahwa kedatangan staf dari kementerian perhubungan merupakan kunjungan kerja untuk melihat langsung kondisi terminal Tanjung Pinggir.

“Kita ketahui bersama, Terminal Tanjung Pinggir ini sudah lama tidak beroperasi. Namun sejak tahun 2019 kemarin, pelan-pelan kita benahi dan dioperasikan kembali,” jelas Jumanter.

Jumanter juga menegaskan bahwa Kementerian Perhubungan merencakan pembangunan atau revitalisasi terminal Tanjung Pinggir yang dilaksanakan tahun 2021.

“Kalau nantinya itu terealisasi, maka tentu fasilitas di terminal akan bagus dan pelayanan kepada masyarakat akan lebih baik. Nanti dibuat juga disini gedung aula pertemuan dan semuanyalah akan dibenahi,” ujar Jumanter.

Jumanter juga mengatakan bahwa aktivitas terminal Tanjung Pinggir sudah mulai hidup, sebab sudah banyak bus yang masuk. Beberapa waktu lalu seluruh pengusaha angkutan penumpang sudah pernah dikumpulkan dalam rangka sosialisasi fungsi dari terminal.

“Intinya, pelan-pelan terminal Tanjung Pinggir ini kita benahi, mulai dari fasilitas, pelayanan. Mudah-mudahan rencana revitaliasi Tanjung Pingir ini akan terwujud tahun 2021,” tutupnya.(pra/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button