Berita

Terlibat Penyalahgunaan Narkoba, Mantan Anggota Polri Dituntut 10 Tahun Penjara

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Syamsul Purba, mantan anggota Polri yang terlibat narkotika dituntut 10 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri Simalungun, Kamis (20/6/2019).

Selain dituntut 10 tahun penjara, terdakwa Syamsul Purba juga didenda Rp1 Miliar subsider 3 bulan penjara.

JPU Ade Wijaya Ismanto mengatakan, perbuatan terdakwa Syamsul Purba telah terbukti bersalah melanggar pasal 112 (2) Undang-undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Atas tuntutan itu Jaksa menyarankan agar terdakwa dihukum sesuai dengan perbuatannya tersebut.

Mendengar tuntutan tersebut terdakwa Syamsul Purba mengatakan, akan mengajukan pembelaan secara tertulis. Pada kesempatan itu, terdakwa didampingi oleh kuasa hukum Sarah Nauli Pulungan.

Mendengar pernyataan terdakwa dan pengacara terdakwa, Majelis Hakim Ketua Hadi Nasution didampingi Hakim Nasfi Firdaus dan Mince menunda persidangan hingga Selasa (25/6/2019) dengan agenda mendengarkan pembelaan dari terdakwa.

Sebelumnya, terdakwa ditangkap pada tanggal 21 November 2018 sore di kediamannya di Huta IV, Nagori Marihat, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun.

Saat itu, jajaran Polsek Perdagangan mendapat informasi dari masyarakat bahwa sering terjadi tindak pidana narkotika jenis sabu di rumah terdakwa Syamsul.

Atas informasi tersebut personel kepolisian berangkat ke rumah terdakwa dengan didampingi oleh Kepala Desa Nagori Marihat Bandar. Saat itu mereka langsung masuk ke rumah terdakwa.

Terdakwa yang sedang di kamar langsung ditangkap. Dan saat digeledah, ditemukan satu buah dompet berisikan narkoba jenis sabu yang dibungkus dalam 5 plastik klip kecil serta alat hisap sabu. (ros/pra)

iklan usi



Back to top button