Berita

Terlambat dan Jenuh Belajar, Puluhan Pelajar Bolos Sekolah

FaseBerita.ID – Puluhan pelajar tingkat STM, SMP dan SMU diamankan Satpol PP, Kamis (13/2) sekira pukul 09.00 WIB.

Mereka diamankan dari berbagai tempat yakni Kantin Pojok SMU Negeri Jalan Panei, Kedai kelontong Jalan Ahmad Yani Ujung, Warnet Jois Siburian di Jalan Medan dan Sanum net di Jalan Ade Irma.

Rata-rata, alasan pelajar bolos sekolah karena terlambat masuk dan jenuh belajar. Bahkan, ada sepasang pelajar asal Tebing Tinggi ikut terjaring dan mengaku datang ke Siantar ingin menonton bioskop.

“Kami tadinya mau nonton bioskopnya, datang ke Siantar. Saat makan di Tanjung Pinggir, eh bapak-bapak itu datang dan mengamankan kami,” ujar DMS (17) siswi SMU asal Tebing Tinggi itu.

Sementara, dalam razia kasih sayang yang digelar Satpol PP Siantar itu berhasil menjaring 25 pelajar.

Selanjutnya, pelajar yang terjaring langsung dibawa ke kantor menggunakan dua mobil patroli.

Setibanya di kantor, para pelajar disuruh petugas untuk jongkok di halaman kantor untuk dipangkas rambutnya masing-masing. Serta hormat sekaligus menyanyikan lagu Indonesi Raya. Disisi lain, pelajar berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Sugiarto sebagai Sekretaris Satpoll PP Siantar melalui Kabid Trantibum Mangaraja Tua Nababan menjelaskan bahwa razia kasih sayang tersebut digelar karena banyaknya laporan dari masyarakat dan guru bahwa pelajar sering cabut.

“Tadi ada sekitar 25 orang ditambah dua pelajar dari Tebing Tinggi itu. Mereka akan kita bina dan memanggil orangtua masing-masing pelajar. Kalau untuk siswi asal tebing, kita sudah koordinasi kepada kepala sekolahnya. Untuk itu, kita tunggu orangtua atau gurunya datang ke kantor baru bisa kita lepaskan. Karena tidak tertutup kemungkinan, dua pelajar asal Tebing Tinggi itu memang sering datang ke Siantar untuk cabut sekolah,” ujar Mangaraja Tua Nababan.

Saat ditanya imbauan apa yang akan diberikan kepada guru dan orang tua siswa, Raja Nababan mengatakan tetap menjaga dan memantau aktivitas seluruh siswa.

“Pemilik warnet juga kita ingatkan, jika dilanggar juga, maka tak segan-segan usahanya kita tutup,” sebutnya. (Mag-03)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button