Berita

Terindikasi TKI Non Prosedural, 254 Pemohon Paspor Dicekal

FaseBerita.ID – Kantor Imigrasi Kelas II Pematangsiantar mencekal sebanyak 254 orang yang melakukan permohonan penerbitan paspor karena terindikasi menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) non prosedural.

Pecekalan ini berlaku selama 6 bulan lamanya, tetapi permohonan paspor akan tetap bisa diterbitkan jika dalam 6 bulan tersebut terpenuhi segala syarat sesuai peraturan yang ada. Data ini dikumpulkan sejak 2018 hingga Maret 2019.

Umumnya pencekalan dilakukan karena terindikasi keluar negeri untuk melanjutkan pendidikan. Namun seiring waktu tidak sedikit yang berujung pada masalah karena sebagian justru melaksanakan aktivitas tidak sesuai dengan permohonan awal alias menjadi tenaga kerja. Biasanya masalah ini muncul bagi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa.

Kebanyakan mahasiswa yang tersandung persoalan diatas ada di Taiwan. Sekarang tercatat 216 dalam masalah paspor maupun visa. Tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi di beberapa negara lain.

Munculnya alih manfaat fungsi paspor maupun visa kerap dipengaruhi kebutuhan hidup. Jika mengandalkan beasiswa maka masih jauh dari tuntutan kebutuhan kehidupan sehari-hari. Dampak dari kasus ini terjadi ketidaknyamanan WNI di negara terkait.



Pascasarjana

Unefa
1 2 3Laman berikutnya
Back to top button